Ketika anda akan pergi ke tanah suci, tentu saja banyak sekali hal yang harus di persiapkan. Seperti mempersiapkan Riyal yakni mata uang Arab Saudi untuk melakukan transaksi pembelian ketika nantinya telah berada di Arab. Banyak calon jemaah yang bingung untuk mempersiapkannya, termasuk cara menukarnya di Indonesia atau membawa rupiah ke Arab Saudi untuk ditukarkan. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Tips Mempersiapkan Uang Riyal Untuk Berada Di Tanah Suci

  1. Membawa Rupiah Untuk Ditukarkan Di Mekkah

Tips ini juga bisa anda lakukan ketika akan berangkat ke tanah suci. Anda bisa membawa uang dalam bentuk rupiah untuk bisa ditukarkan di Arab Saudi. Tentu saja hal ini akan sedikit merepotkan, namun ternyata cara ini dirasa cukup menguntungkan karena anda nantinya akna mendapat riyal dengan harga yang lebih murah. Akan tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan bahwa tidak semua pecahan rupiah akan laku di arab, melainkan hanya pecahan 50 ribu dan 100 ribu saja.

  1. Menukarkannya di Indonesia

Tips ini tentunya juga bisa anda terapkan dengan mudah. Dengan membeli mata uang Arab Saudi di Indonesia, akan lebih memudahkan anda supaya ketika telah berada di Arab, anda tidak perlu repot untuk mencari money changer atau menukarkan uang dan akan akan bisa lebih fokus untuk beribadah. Akan tetapi cara ini tidak disarankan jika anda ingin menghemat. Pasalnya, harga riyal di Indonesia cenderung lebih mahal.

  1. Dengan Membawa ATM dan melakukan Tarik Tunai di Mekkha

Cara yang terakhir ini tentunya jauh lebih simpel karena anda tak perlu membawa uang cash dalam jumlah banyak untuk ditukar. Tentu saja tips ini cenderung lebih praktis dan lebih hemat dibandingkan dengan metode lain. Akan tetapi tips ini akan menjadi kelamahan apabila anda tidak tahu bagaimana cara menggunakan ATM di negara Saudi. Jika anda tidak mengerti, pastinya cara mengambil mata uang Arab Saudi secara langsung ini akan lebih sulit.

Jika anda ingin mencoba dengan metode yang lebih hemat dan praktis, caranya adalah dengan tidak menukar uang riyal dalam jumlah banyak terlebih dahulu di Indonesia. Anda bisa menukar sepenuhnya saja, dan ketika anda telah kehabisan uang di Arab, maka anda bisa melakukan tarik tunai di ATM dan menukarnya dengan uang riyal. Tentunya cara ini pun juga akan lebih hemat untuk anda terapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *