Belalang ranting paling sering ditemukan di habitat tropis dan subtropis. Serangga yang luar biasa ini sulit dikenali karena sangat mirip ranting. Para pecinta hewan juga banyak yang menjadikan belalang ini sebagai binatang peliharaannya karena bentuk dan tingkahnya yang unik. Berikut merupakan 5 fakta menarik tentang belalang ranting.

  1. Belalang ranting dapat meregenerasi anggota tubuh

Dengan menggunakan otot khusus untuk mematahkan persendian yang lemah, belalang yang terancam bisa melepaskan kaki dalam strategi pertahanan yang dikenal sebagai autotomi. Belalang ini meregenerasi anggota tubuh yang hilang pada saat mereka berganti kulit. Dalam beberapa kasus, belalang ranting dewasa bahkan dapat memaksa diri untuk berganti kulit untuk mendapatkan kembali kaki yang hilang.

  1. Belalang ranting dapat bertingkah mirip ranting

Belalang ranting adalah nama yang dibuat karena belalang ini dapat berkamuflase secara efektif di antara tanaman kayu tempat mereka makan. Mereka biasanya berwarna coklat, hitam, atau hijau, dengan tubuh tipis, dan berbaur dengan ranting dan cabang pohon.

  1. Tidak semua belalang ranting berwarna cokelat

Beberapa belalang ranting dapat berubah warna seperti bunglon tergantung pada latar belakang tempat mereka beristirahat. Belalang ranting juga dapat mengenakan warna-warna cerah pada sayap mereka. Ketika seekor burung atau predator lain mendekat, belalang ranting akan mengayunkan sayapnya yang cerah lalu menyembunyikannya lagi sehingga dapat membuat predator bingung serta tidak dapat mengenali targetnya.

  1. Belalang ranting dapat berpura-pura mati

Belalang ranting yang terancam akan tiba-tiba jatuh dari tempat ia bertengger ke tanah dan diam seolah-olah ia sudah mati juga tidak dapat dikenali. Perilaku ini disebut thanatosis, upaya untuk mencegah predator. Seekor burung atau tikus mungkin tidak dapat menemukan serangga yang tidak bergerak di tanah atau lebih memilih mangsa yang hidup dan terus bergerak.

  1. Belalang ranting adalah yang terpanjang di dunia

Pada tahun 2008, spesies belalang ranting yang baru ditemukan dari Kalimantan memecahkan rekor serangga terpanjang di Dunia. Tubuhnya bisa ramping dan panjang sehingga sangat mirip dengan ranting sungguhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *