Kelinci merupakan hewan yang banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga tidak heran jika banyak yang ingin memeliharanya. Tetapi perlu diketahui jika memeliharanya berarti harus memberikannya makanan berkualitas. Apa saja pakan kelinci yang sehat dan berkualitas? simak uraian di bawah ini.

Jenis Pakan Kelinci

Seringkali kelinci mendapatkan asupan gizi dari pakan alami, seperti sayuran dan buah-buahan. Tetapi juga tidak ada salahnya untuk memberikan pelet yang bisa dibeli di pet shop. jadi kelinci bisa makan dari bahan alami maupun buatan.

5 Pakan Kelinci yang Perlu Diberikan

  1. Wortel

Wortel adalah salah satu pakan perlu diberikan kepada kelinci. Di dalam sayuran ini terdapat kandungan vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh kelinci. Pilih wortel yang masih muda supaya nafsu makan meningkat.

  1. Rumput

Rumput memang makanan pokok kelinci tetapi bukan semua bisa diberikan. Adapun jenis yang bisa diberikan ke hewan ini adalah rumput gajah, teki dan yang sudah dikeringkan.

  1. Selada

Kelinci ternyata sangat menyukai sayuran berwarna hijau ini. Kandungan mineral dan vitamin yang cukup tinggi membuat selada cocok digunakan sebagai salah satu pakan kelinci.

  1. Kangkung

Pakan kelinci yang sehat dan bernutrisi selanjutnya adalah kangkung. Sangat disarankan untuk memberikan sayuran ini seminggu sekali supaya asupan gizi yang dibutuhkan bisa terpenuhi.

  1. Apel  

Supaya asupan gizi terpenuhi maka perlu diimbangi dengan diberikan buah-buahan. Ternyata kelinci sangat menyukai buah apel, apel hujau maupun merah. Sebaiknya berikan saat dalam kondisi masih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *