Alquran adalah firman Tuhan yang tidak mengandung satu pun kebatilan. Alquran menjadi petunjuk jalan yang akan membimbing setiap umat manusia dalam perjalanan hidupnya agar selamat di dunia maupun di akhirat. Apabila anda ingin masuk ke dalam golongan orang-orang yang mendapatkan rahmat dari Tuhan, maka baca dan pelajarilah Alquran. Tidak ada ilmu yang lebih utama untuk dipelajari yang melebihi keutamaan mempelajari Alquran termasuk surat Qaf di dalamnya. Namun dalam mempelajari Alquran anda juga harus memperhatikan adab membaca Alquran.

Keutamaan Membaca Alquran

Alquran adalah pedoman hidup seluruh umat manusia, namun hanya orang-orang bertakwa saja yang mengambil manfaatnya, seperti itulah yang tertulis dalam surah Al-Baqarah. Sebenarnya ada banyak sekali hikmah yang bisa anda dapatkan dengan membaca Alquran. Berikut adalah penjelasannya:

pixabay.com
  1. Dengan membaca Alquran anda akan mendapatkan pahala yang sangat banyak, bahkan setiap hurufnya anda bisa mendapatkan 10 pahala. Hal ini telah diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dalam sebuah hadits Rasulullah SAW. Seperti yang anda ketahui, dalam Alquran terdapat 324.015 huruf dan apabila anda khatam maka anda akan mendapatkan 10 pahala setiap hurufnya sehingga anda akan mendapatkan 3.250.150 pahala. Sebanyak itulah pahala yang akan anda dapatkan ketika mengkhatamkan Alquran satu kali, bayangkan apabila anda mengkhamkan Alquran berkali-kali.
  2. Tuhan akan mengangkat derajat orang yang selalu membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-harinya. Seperti yang tertulis dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari, sesungguhnya Tuhan akan mengangkat derajat kaum dengan Alquran dan Tuhan akan merendahkan kaum lainnya yang tidak.
  3. Setiap kali membaca Alquran dengan adab membaca Alquran yang benar, anda akan mendapatkan ketenangan jiwa. Setiap ayat yang anda baca akan memberikan ketentraman bagi yang membaca. Seperti yang tertulis dalam surah Al Isra ayat 82, bahwa Alquran diturunkan oleh Tuhan menjadi obat bagi segala penyakit kejiwaan. Jadi siapapun yang membaca Alquran ataupun mendengarkannya akan mendapatkan ketenangan jiwa.
  4. Dengan membaca Alquran, anda akan mendapatkan pertolongan ketika hari kiamat tiba. Hal ini telah dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Dalam hadits tersebut dikatakan untuk membaca Alquran, karena Alquran yang dibaca ketika masih hidup di dunia akan menjadi penolong ketika hari kiamat nanti. Maka dari itu, perbanyaklah membaca Alquran ketika jantung masih berdetak.
  5. Pada hari kiamat nanti, orang-orang yang tidak membaca Alquran akan mendapatkan aduan dari Rasulullah SAW.
pixabay.com

5 Adab Membaca Alquran

Nah, anda sudah tahu apa saja keutamaan membaca Alquran. Sangat penting sekali membaca Alquran selama anda masih hidup di dunia ini. Akan tetapi anda tidak boleh membaca Alquran dengan asal, ada adab membaca Alquran yang harus anda perhatikan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  1. Bacalah dalam keadaan suci, duduk dengan sopan dan tenang

Ketika membaca Alquran, bacalah dalam keadaan suci. Walaupun dikatakan bahwa umat muslim boleh membaca Alquran dalam keadaan najis, namun membaca dalam keadaan suci adalah hal yang utama. Karena ketika membaca dalam keadaan najis, ia telah meninggalkan hal yang utama.

  1. Bacalah dengan pelan, tidak cepat agar bisa menghayati setiap ayat

Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa siapapun yang membaca Alquran hingga khatam kurang dari 3 hari, maka tandanya ia tidak memahaminya. Penjelasan Nabi Muhammad SAW ini ada dalam hadits riwayat Ahmad. Nabi Muhammad SAW juga tidak suka orang-orang yang mengkhatamkan Alquran dalam waktu sehari semalam. Bahkan Nabi Muhammad memberikan perintah pada Abdullah Ibnu Umar untuk mengkhatamkan Alquran setiap minggunya. Jadi, apabila anda berniat untuk mengkhatamkan Alquran, alangkah baiknya bila anda mengkhatamkannya dalam waktu seminggu (7 hari).

  1. Bacalah dengan khusyuk

Tuhan menjelaskan bahwa sebagian dari sifat hambaNya yang sholih adalah orang-orang yang akan menyungkurkan mukanya sambil menangis dan kekhusyukannya bertambah. Akan tetapi tidak disarankan untuk berpura-pura menangis agar terlihat khusyuk ketika membaca Alquran.

pixabay.com
  1. Membaca dengan cara yang bagus

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda untuk menghiasi Alquran dengan suaramu. Maksudnya adalah membaca Alquran dengan bacaan yang jelas, terang makhroj setiap hurufnya, panjang dan pendeknya bacaan, sesuai dengan ketentuan kaidah tajwid. Tidak perlu seseorang melenggokkan suaranya apabila memang tidak mampu.

  1. Membaca Alquran dimulai dengan isti’adzah

Tuhan pernah berfirman dalam surah An-Nahl, apabila membaca Alquran mintalah perlindungan Tuhan dari godaan setan yang terkutuk. Bacalah Alquran namun jangan sampai mengganggu orang lain yang sedang sholat, tidak perlu membaca dengan suara yang keras maupun di tempat yang banyak orangnya. Membaca Alquran cukup dengan suara yang lirih namun khusyuk. Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, ketika seseorang bermunajat pada Rabbnya, jangan sampai mengganggu orang lain dan jangan bersuara lebih keras dari orang lain ketika membaca Alquran.

Nah, setelah anda mengetahui keutamaan membaca Alquran dan adab ketika membaca Alquran, anda bisa memulai membaca kitab suci umat muslim hari ini. Pelajarilah adab-adab dalam membaca Alquran dengan baik, pelajari bagaimana cara membaca yang tepat. Dengan begitu anda bisa membaca Alquran dengan lebih khusyuk.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *