Menghias rumah dengan berbagai jenis dekorasi yang menawan merupakan salah satu usaha untuk membuat penghuninya merasa betah dan nyaman. Dekorasi rumah bisa bersifat indoor ataupun outdoor tinggal disesuaikan dengan kondisi, selera dan kebutuhan. Menghiasi rumah dengan menggunakan tanaman indah mungkin sudah terlalu umum dan membosankan.

Bagi Anda yang ingin memperindah dan mempercantik penampilan rumah baik di bagian dalam ataupun luarnya bisa menggunakan bahan kerajinan logam. Salah satu yang sangat menarik untuk dicoba adalah barang-barang seni buatan pengrajin tembaga. Ya, Anda bisa mendekorasi rumah agar makin cantik penampilannya dengan barang yang terbuat dari tembaga.

Selain menambah penampilan dengan adanya hiasan dari tembaga rumah Anda akan terlihat eksotis dan anti mainstream. Hiasan rumah hasil kerajinan tembaga sangat pas dengan Anda yang menyukai barang antik. Agar penampilan rumah benar-benar mengagumkan Anda harus memilih barang kerajinan tembaga dengan kualitas terbaik.

Inilah beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih kerajinan tembaga yang berkualitas tinggi.

Cara Memilih Kerajinan Tembaga yang Berkualitas

pixabay.com

Pilih yang Warnanya Merata

Salah satu ciri dari kerajinan tembaga dengan kualitas bagus adalah pada warnanya. Lihat dengan seksama bagaimana warna pada permukaan barang hasil kerajinan tersebut. Jika warnanya merata itu artinya barang tersebut berkualitas. Perhatikan lebih seksama warna pada bagian lekuk-lekuk kerajinan tersebut jika warnanya merata kualitasnya memang bagus.

Alasannya adalah jika pada bagian lekuk-lekuk yang sulit dijangkau saja pewarnaan yang diberikan bagus dan merata berarti dibuat dengan sangat hati-hati. Satu hal lagi yang harus diperhatikan kalau akan membeli kerajinan dari tembaga warna seharusnya cenderung kemerahan. Ini yang membedakannya dengan kerajinan dari kuningan.

Barang Sempurna Luar Dalam

Tips selanjutnya jangan lupa untuk mengecek barang kerajinan yang akan dibeli secara detail baik bagian dalam maupun luarnya. Terutama kalau Anda membeli hasil kerajinan tembaga berupa guci, pot dan sejenisnya. Jangan sampai bagian luarnya bagus sempurna tetapi ternyata pada bagian dalamnya terdapat pengerjaan yang tidak sempurna atau cacat.

Memiliki Finishing yang Bagus dan Halus

Barang kerajinan dari tembaga yang berkualitas tinggi akan dibuat dengan cermat dan hati-hati sehingga akan terlihat sempurna. Saat memilih dan akan membeli barang kerajinan tembaga untuk dekorasi rumah pastikan produk tersebut finishingnya bagus dan halus. Seperti juga ketika Anda mengecek pewarnaannya, periksa finishing pada bagian lekuk-lekuknya.

Dekorasi rumah dari tembaga yang memiliki finishing bagus dan halus bisa dipastikan dikerjakan dengan hati-hati. Jika produk tembaga tersebut memenuhi ciri finishing yang sempurna maka bisa dipastikan kualitasnya sangat bagus.

Memiliki Harga yang Masuk Akal

Harga bisa menjadi salah satu patokan apakah kerajinan tembaga tersebut kualitasnya bagus atau tidak. Kerajinan tembaga dibuat dengan proses pengerjaan yang rumit dan sulit sehingga wajar kalau harganya cenderung mahal. Jangan mudah tergoda dengan harga murah tetapi kualitasnya meragukan.

Lalu apa saja jenis barang-barang kerajinan dari tembaga yang bagus untuk dijadikan dekorasi rumah tersebut? Silahkan lihat daftarnya di bawah ini.

Contoh Kerajinan Tembaga Untuk Dekorasi Rumah

pixabay.com

Air Mancur Tembaga

Air mancur tetapi dari tembaga mungkin Anda tidak pernaha terpikir sebelumnya. Air mancur dari tembaga ini akan mempercantik rumah Anda dan bisa dipasang di dalam maupun di luar rumah. Anda tinggal memesan yang sesuai dengan kebutuhan apakah air mancur akan diletakkan indoor atau outdoor.

Keindahan pada produk air mancur ini terletak pada ukirannya yang memiliki nilai seni tinggi. Rumah Anda akan terlihat lebih indah dan mewah dengan adanya air mancur tembaga tersebut. Model dari air mancur tembaga bisa dibuat berdasarkan pesanan Anda.

Mangkok Tembaga

Selain air mancur tembaga masih ada lagi produk yang akan mengesankan Anda yaitu mangkok. Kalau pada umumnya mangkok terbuat dari plastik atau keramik dan sejenisnya tapi ini dari tembaga. Hiasan mangkok tembaga tersebut akan membuat rumah Anda terkesan antik seperti pada zaman kerajaan. Anda bisa meletakkan hiasan mangkok dari tembaga tersebut di tengah meja makan.

Jika Anda seorang pelaku usaha restoran atau kafe bisa juga memesan mangkok tembaga dalam berbagai ukuran untuk dekorasi. Terlebih jika konsep resto vintage dan elegan menjadi konsep dari resto atau kafe Anda. Mangkok tembaga akan melengkapi makanan dan minuman mahal yang Anda sajikan kepada para tamu.

Cermin Tembaga

Bagi Anda yang merasa ruangan rumah sempit bisa memasang cermin tembaga untuk menambah kesan luas. Cermin tembaga sekaligus bisa menjadi dekorasi cantik di ruangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *