Pernahkah kalian ketika sedang membuka Alquran dan melihat ada jejeran kata-kata indah di halaman pertama dan terakhir dalalm Alquran?. Jika iya, maka Anda perlu tahu bahwasanya kata-kata indah tersebut disebut dengan Asmaul Husna. Lalu, apa itu Asmaul Husna?.

Asmaul Husna adalah 99 nama-nama indah Allah SWT. Maha sempurnanya Allah, Allah adalah zat yang memiliki segala bentuk kemuliaan dan seluruh kemuliaan tersebut disebutkan dalam nama-nama indah yang disebut dengan Asmaul Husna.

Jaminan Asmaul Husna

Jumlahnya ada 99, susah mudah dalam menghafalkannya adalah hal yang relatif. Padahal, Allah menjamin surga bagi mereka yang mampu menghafalkan dan memaknai setiap nama-nama indah tersebut. Itulah mengapa, banyak sekali kita temukan anjuran-anjuran yang memerintahkan bagi kita untuk menghafalkan kesembilan puluh sembilan asmaul husna. Beberapa tips mudah banyak diajarkan untuk menghafal keseluruhan asmaul husna. Mulai dari dibuat nada yang mudah dihafalkan, diajarkan secara bertahap setiap hari dan lian sebagainya. Yang jelas, apapun caranya, selagi baik dan bertujuan baik InshaAllah akan membawa keberkahan bagi Anda semua.

Cara Menghafal Asmaul Husna

Bagi Anda yang sedang berniat menghafalkan 99 asmaul husna, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diberikan :

  1. Niat yang sungguh-sungguh untuk menghafalkan. Karena pada dasarnya, kemudahan dalam berpikir, mengingat dan memecahkan masalah adalah kekita akal pikiran dan hati kita sedang tenang dan bersih. Jadi, akan mudah bagi seseorang untuk menghafalkan sesuatu dengan menjaga dirinya tetap tenang dan fokus. Tancapkan niat yang sungguh-sungguh di dalam pikiran dan hati Anda. bila perlu, mohonlah doa dan pertolongan kepada Allah sebelum memulai menghafalkan.
  2. Menghafalkan beserta artinya juga akan dirasa memepermudah dalam proses penghafalan. Terlebih lagi kita bangsa yang tidak menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa ibu. Akan terasa lebih baik dan mudah apabila kita juga menghafalkan masing-masing artinya.
  3. Membaca buku panduan kiat-kiat sukses menghafalkan asmaul husna. Dengan begitu, akan semakin memperbanyak referensi Anda dalam mendalami cara-cara menghafal Asmaul Husna.
  4. Mencicil setiap hari. Yang terpenting dalam belajar adalah mencicil secara bertahap. Karena terdapat 99 buah, maka Anda dapat mencobanya dengan menghafalkan 5 kata baru setiap harinya beserta artinya.
  5. Ulangi hafalan setiap waktu shalat. Akan sangat penuh keberkahan dan mudah penghafalan apabila Anda mengaplikasikan cara yang satu ini, yakni dengan melafadzkan setiap kata baru dalam asmaul husna yang sedang Anda pelajari di setiap waktu shalat. Bayangkan saja, dalam satu hari terdapat 5 waktu shalat yang itu berarti besar kemungkinan hafalnya akan lebih cepat.

Itulah beberapa hal mengenai asmaul husna yang harus Anda ketahui. Jika Anda termasuk ke dalam slaah satu golongan muslim yang ingin menghafalkan Asmaul Husna, ada baiknya mencoba mempraktikan cara-cara di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *