Tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan merupakan salah satu komponen penting untuk penunjang kehidupan, khusunya tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengelolaan tanah yang tepat sehingga tumbuhan dapat tumbuh dengan baik dan mampu memenuhi kebutuhan manusia.

Tidak hanya tumbuhan, banyak makhluk lain yang berlindung di bawah permukaan tanah. Untuk dapat mengelola tanah dengan baik maka diperlukan pengetahuan mengenai ilmu tanah.

Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Tanah

  1. Pengertian

Ilmu tanah merupakan salah satu cabang ilmu bumi yang mengkaji tanah sebagai sumber daya alam. Pengetahuan mengenai ilmu tanah berperan penting dalam perencanaan dan pengembangan pembangunan secara berkelanjutan. Tidak hanya mempelajari proses pembentukan tanah saja, pada ilmu tanah ini juga terdapat pengetahuan karakteristik tanah baik secara fisik, kimia dan biologis serta klasifikasi.

  1. Ruang Lingkup Ilmu Tanah

Ilmu tanah dibagi menjadi dua cabang pengetahuan yaitu pedologi dan edologi. Ruang lingkup pedalogi yaitu pengetahuan tentang pembentukan tanah, asal-usul tanah, klasifikasi tanah, dan sifat tanah. Sedangkan edologi mencakup pengetahuan tentang kajian keterkaitan tanah dengan kehidupan tumbuhan. Termasuk didalamnya terdapat pengetahuan tentang unsur hara dan produktifitas tanaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *