Seberapa penting sih pemberian vaksin pada kucing? Lalu jenis vaksin apa saja yang dibutuhkan oleh kucing? Nah, vaksinasi kucing dilakukan untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang tinggi dan tubuh kucing terlindungi dari berbagai serangan penyakit. Biasanya vaksin kucing diberikan saat kucing berusia sekitar 8-9 minggu. Kekebalan tubuh kucing yang diterima dari induknya melalui asi akan mulai berkurang diumur 8-9 minggu, sehingga kucing perlu mendapat suntikan vaksin. Selain itu, kucing juga perlu divaksinasi kembali, supaya kekebalan yang dimiliki oleh kucing tetap tinggi dan kucing menjadi tidak mudah terjangkit penyakit. Vaksin kucing harus diberikan kepada kucing yang sehat, karena vaksinasi bersifat pencegahan.

Vaksin apa saja yang harus diberikan kepada kucing?  Jenis vaksin yang pertama adalah Fenile Viral Rhinotracheitis, Calicivirus, dan Panleukopenis atau PVRCP. Vaksin ini biasa disebut dengan vaksin inti di mana pada saat itu anak kucing sudah berusia 4-6 minggu. Kemudian dilanjutkan 2-4 minggu sekali sampai usai 18-20 minggu. Ketiga vaksin ini diberikan supaya daya tahan tubuhnya baik. Pada kucing dewasa, vaksin ini pun juga harus diberikan, tapi tidak dengan pengulangan yang sama dengan anak kucing. Vaksin selanjutnya adalah Rabies. Vaksin jenis ini sangat penting untuk diberikan pada kucing. Rabies biasa dilakukan saat kucing berusia 12 minggu dan diberikan setiap tahun sekali. Jangan lupa untuk memberi vaksin rabies pada kucing Anda. Karena jika tidak, akan membahayakan orang lain.

Feline Immunodeficiency Virus. Seekor kucing juga memiliki virus yng mirip dengan virus HIV pada manusia. Virus ini dapat ditularkan dengan kontak langsung dari kucing lainnya yang memiliki luka cakaran dan gigitan. Vaksin ini masih jarang di Indonesia, jadi Anda harus menjaga kucing Anda dengan dengan baik agar tidak tertular oleh kucing liar di luaran sana. Tidak hanya vaksin saja yang harus Anda berikan jika Anda memelihara kucing. Anda juga harus memberikan tempat yang nyaman serta kasih sayang yang cukup. Nah, yang terpenting adalah kesehatan dari kucing Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *