Aalah satu faktor yang mempunyai peranan penting dalam hidup ini adalah faktor ekonomi. Bahkan tingkat bahagianya seseorang bisa dilihat dari faktor ini. Mereka yang cenderung mampu memenuhi tuntutan ekonomi sehari hari akan dinilai lebih bahagia dibandingkan mereka yang secara ekonomi belum terpenuhi dengan baik. Memenuhi kebutuhan ekonomi tentu harus melakukan kegiatan ekonomi. Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Ini merupakan pertanyaan yang mudah karena hampir semua orang pasti pernah melakukan kegiatan ekonomi.

Kegiatan Ekonomi dan Juga Penjelasan yang Singkat Mengenai Hal Tersebut

Kegiatan ekonomi sendiri memiliki arti hal yang dilakukan oleh semua orang agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada juga yang mengartikan bahwa kegiatan ekonomi merupakan upaya setiap orang untuk mendapatkan harta sebanyak mungkin. Tentu kedua definisi tersebut sama – sama benar tergantung dari sudut mana anda lebih cocok dengan arti kegiatan ekonomi. Mengenal kegiatan ekonomi tentu harus mengenal jenisnya. Berikut adalah jenis kegiatan ekonomi.

Jenis jenis Kegiatan Ekonomi

  1. Ekonomi Produksi

Kegiatan ekonomi produksi. Kegiatan ini tentu menghasilkan barang dan juga jasa. Pelaku  kegiatan produksi disebut juga dengan produsen. Kegiatan ini biasanya merupakan sumber dari dimulainya kegiatan ekonomi. Karena kegiatan produksi akan menarik para konsumen yang tertarik akan barang maupun jasa yang ditawarkan oleh produsen. Contoh dari kegiatan produksi adalah tempat makan yang menyediakan berbagai jenis menu makanan sesuai minat para konsumen.

  1. Ekonomi Distribusi

Kegiatan ekonomi distribusi. Pelaku kegiatan ini namanya adalah distributor. Kegaiatan distribusi sendiri merupakan kegiatan mensuplai produk yang diproduksi oleh produsen. Produk tersebut bisa berupa barang atau juga jasa.  Distributor sendiri menyuplai produk dari produsen ke konsumen. Fungsi dari kegiatan distribusi ini adalah untuk mengetahui bahwa proses produksi tetap berlangsung sehingga para konsumen bisa mengetahi dan mendapatkan produk yang dibutuhkan. Contohnya adalah distributor semabko.

Kegiatan produksi konsumsi merupakan kegiatan menggunakan barang dan jasa yang sudah diproduksi oleh produsen. Pelaku kegiatan ini dinamakan konsumen. Sedangkan tujuan kegiatan ini adalah untuk memenuhi hal yang dibutuhkan oleh konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *