Menurut peneliti, identitas suatu warna ditentukan oleh panjang rambat gelobang cahaya itu sendiri. Yang mana setiap warna memiliki panjang gelombang yang berbeda – beda, hal itu yang membuat warna yang dapat kita tangkap dengan mata berbeda – beda pula.

Terdapat tiga warna primer,yaitu merah, kuning, serta biru, yang mana dengan pencampuran warna primer yang tepat akan menghasilkan warna – warna baru yang berbeda atau biasa disebut warna sekunder.

Misalkan untuk mendapatkan warna coklat muda kita perlu membuat warna coklat terlebih dahulu, kemudian baru campurkan dengan sedikit warna putih.

Hitam Dan Putih

Untuk warna putih dan hitam agak susah untuk menjelaskannya, karena warna putih adalah representasi dari semua warna dasar pada keadaan yang maksimum dengan proporsi yang seimbang.

Dalam pengertian ideal untuk mendapatkan warna putih membutuhkan semua warna dengan bantuan cahaya maksimum sehingga sensor kamera dan mata tidak dapat mempresentasikannya lagi, sehingga terciptalah warna putih.

Sedangkan untuk warna hitam merupakan representasi kitakhadiran sedikitpun warna ataupun cahaya di dalam ruang gelap. Yang mana ini berarti mata atau sensor kamera tidak dapat menangkap cahaya akibat ketidak adaanya cahaya itu sendiri.

Namun didalam dunia seni terutama seni lukis, untuk mendapatkan warna hitam kita cukup mencampurkan ketiga warna primer dengan proporsi yang sama.

Warna Coklat Muda

Untuk menghasilkan warna coklat sendiri kita kita bisa dengan cara mencamurkan ketiga warna primer dengan perpaduan proporsi yang sesuai.

Selain penggabungan warna primer anda juga dapat menggunakan warna sekunder untuk mendapatkan coklat, seperti jingga dan hijau. Lalu dengan menggunakan warna sekunder coklat ditambahkan dengan proporsi warna putih yang pas akan menghasilkan warna sekunder baru, yaitu coklat muda.

Pengertian serta penjelasan warna itu tergantung dari sudut pandang mana, karena setiap ahli memiliki penjelasan yang berbeda beda.

Baik itu ahli dalam bidang fotografi, seniman, bahkan ahli optik sekalipun. Semua penjelasan tidak ada yang salah, karena memang kehadiran warna itu sendiri merupakan sesuatu yang masih dipelajari dan diteliti hingga sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *