Sholat sunnah pada umumnya memiliki jumlah rakaat sebanyak dua rakaat, dan di kerjakan di luar sholat fardhu atau sholat wajib. Banyak sholat sunnah yang dapat anda kerjakan misalnya yang rutin setiap hari, maupun sholat sunnah yang dilakukan hanya waktu-waktu tertentu.

Sholat sunnah yang dapat di kerjakan setiap hari adalah sholat sunnah rawatib, sholat dhuha dan sholat tahajud kemudian untuk sholat sunnah yang di kerjakan pada waktu-waktu tertentu misalnya sholat hajat, sholat gerhana, sholat witir dan lainnya. kali ini akan kita bahas tentang bacaan sholat sunnah terutama sholat sunah rawatib yaitu sholat sunah yang paling sering di lakukan.

Waktu Pelaksanaan Sholat Sunnah Rawatib

Sholat sunnah rawatib terdiri dari dua mcam yakni sholat sunnah yang di kerjakan sebelum menunaikan sholat fardhu dan setelah menunaikan sholat fardhu. Sholat sunnah yang dilakukan sebelum menunaikan sholat fardhu disebut sholat sunah rawatib qabliyah dan sholat sunah rawatib yang di kerjakan setelah sholat fardhu disebut sholat sunah rawatib ba’diyah. Masing-masing sholat sunah rawatib tersebut terdiri dari dua rakaat.

unsplash.com

Bacaan atau Niat Sholat Sunnah Rawatib

Sebelum melakukan sholat anda harus membaca bacaan atau niat sholat tersebut, begitu pula dengan sholat sunnah. Untuk sholat sunnah rawatib ini berikut bacaan atau niatnya :

Sholat sunnah rawatib qabliyah :

“ushalli sunnatal Dzuhri rak’ataini Qibliyyatin Lillahita’ala”

Artinya : saya berniat sholat sunah sebelum dzhuhur dua rakaat karena Allah ta’ala

Sholat sunnah rawatib ba’diyah :

“ushalli sunnatal Dzuhri rak’ataini ba’diyyatan Lillahita’ala”

Artinya : saya berniat sholat sunnah setelah dhuhur dua rakaat karena Allah ta’ala

Untuk niatnya bisa diganti sesuai dengan sholat sunah yang akan anda kerjakan misalnya sholat sunah rawatib qabliyah dan ba’diyah untuk sholat magrib maka kata-katanya di ganti maghribi, begitu pula jika untuk sholat shubuh, ashar dan isya. Intinya jangan lupa untuk membaca niat sesuai dengan sholat sunnah rawatib yang akan anda kerjakan.

unsplash.com

Cara Melakukan Sholat Sunah Rawatib

Tata cara melakukan shalat sunah rawatib pada umumnya sama dengan melakukan sholat sunnah pada umumnya, untuk itu berikut kami berikan tata cara sholat sunah rawatib untuk mengingatkan kita kembali sehingga sholat sunnah kita lebih baik dan benar.

  • Baca niat
  • Kemudian takbiratul ikhram dengan diikuti membaca doa iftitah
  • Baca surat al fatihah
  • Membaca surat pendek dari al-qur’an (lebih di anjurkan untuk membaca surat al-kafirun)
  • Lakukan rukuk dengan tuma,ninah
  • Kemudian iktidal dengan tuma’ninah
  • Kemudian lakukan sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Lakukan sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Dan berdiri kembali untuk melakukan rakaat yang kedua
  • Pada rakaat kedua gerakannya pun sama hanya saja ada beberapa perbedaan yakni untuk suratan pendeknya di anjurkan membaca surat al ikhlas kemudian setelah melakukan sujud kedua dengan tuma’ninah maka anda jangan berdiri lagi. Duduk dan baca tahiyat akhir dengan tuma’ninah sampai selesai dan setelah itu ucapkan salam yang pertama salam menoleh ke kanan dan yang kedua salam menoleh ke kiri.
  • Sholat selesai dan anda tinggal memanjatkan doa kepada Allah SWT
unsplash.com

Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib

Setiap kali kita melakukan ibadah, pasti kita akan mendapatkan imbalan yang setimpal dari Allah SWT karena kita telah melakukan apa yang telah di perintahkan oleh Allah SWT. Baik imbalan yang berupa secara langsung di dunia maupun imbalan untuk bekal di akhirat nanti, begitupun jika kita mengerjakan sholat sunah kita akan mendapatkan banyak keuntungan melimpah yang di janjikan oleh Allah SWT kepada umatnya. Untuk itu berikut kami jabarkan beberapa keutamaan jika anda melakukan sholat sunah rawatib dengan rutin dan teratur melengkapi sholat wajib 5 waktu.

  • Pahala yang melimpah, dengan menunaikan sholat sunnah rawatib melengkapi sholat 5 waktu maka kita akan mendapatkan pahala yang besar dan melimpah dari Allah SWT dan dengan mendapatkan pahala yang melimpah maka hidup akan lebih tenang dan tentram serta terjamin masuk surga.
  • Mengamalkan sunnah rasululloh SAW, dengan kita ikut mengamalkan sunnah rasululloh SAW maka kita akan mendapatkan pahala yang besar serta dapat mengikuti junjungan nabi kita sehingga kita bisa lebih memaknai dan memahami islam sesuai dengan yang rasululloh SAW ajarkan.
  • Dijauhkan dari siksa Api neraka dan dibuatkan rumah di surga, bagi kita yang tidak pernah terlewat menunaikan ibadah sholat sunah rawatib mendampingi sholat wajib 5 waktu maka Allah SWT akan menjanjikan rumah di surga dan Allah SWT akan menjauhkan kita dari api neraka.

Demikianlah beberapa pembahasan tentang shalat sunnah rawatib yang telah kami sampaikan semoga bisa menjadikan panduan anda untuk lebih memperbaiki lagi dalam beribadah, karena dengan mengerjakan sholat sunnah maka ibadah anda akan lebih lengkap dan lebih sempurna jika dibandingkan dengan hanya menunaikan ibadah wajib saja seperti ibadah sholat 5 waktu misalnya.

Kita bisa mendapatkan pahala yang berlimpah serta ganjaran yang besar dari Allah dengan rutin mengerjakan sholat sunnah ini dan juga sholat sunah lainnya seperti sholat dhuha dan membaca Doa sholat dhuha setiap harinya.