Bagaimana proses berdirinya kerajaan Mataram? Membahas tentang berdirinya kerajaan Mataram, tidak pernah lepas dari jasa dua tokoh penting, KI Ageng Sela dan Ki Ageng Pamanahan. Pasalnya dua tokoh inilah yang secara tidak langsung memiliki andil cukup besar dalam proses berdirinya kerajaan Mataram.

Kerajaan Mataram berdiri pada tahun 1586. Kerajaan Mataram terletak di sebelah tenggara Kota Yogyakarta, atau tepatnya di Kotagede. Dari banyak catatan sejarah menyebutkan jika kerajaan Ini berdiri pada abad ke-17.

Kerajaan Mataram dulunya merupakan suatu Kadipaten di bawah Kesultanan Pajang yang diberikan kepada Ki Ageng Pamanahan sebagai balas jasadari Kesultanan Pajang. Artinya pada mulanya daerah kerajaan Mataram ini termasuk bagian kekuasaan dari Kesultanan Pajang.

Raja Pajang, Sultan Hadiwijaya memberikan hadiah wilayah Mataram sebab Ki Ageng Pamanahan mampu mengalahkan Arya Penangsang. Selanjutnya oleh Ki Ageng Pamanahan wilayah baru yang dihadiahkan kepadanya ini dibangun sebagai tempat pemukiman baru dan persawahan.

Raja pertama dari kerajaan Matara adalah Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati ing Alogo Sayidin Panotogomo. Sutawijaya ini adalah anak dari Ki Ageng Pamanahan. Wilayah kekuasaan kerajaan Mataram sendiri mencakup Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagian Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *