Sekarang ini banyak sekali bermunculan food blogger atau food vlogger. Para blogger ini selain membagikan pengalaman makan makanan tertentu atau rekomendasi tempat makan, juga sering membagikan resep makanan untuk diikuti di rumah.

Tidak jarang foto-foto makanan dan cara penuturan melalui blog mereka membuat pembacanya jadi ngiler dan ingin mencicip makanan serupa. Apa saja blog makanan terbaik di Indonesia? Ini dia rangkumannya.

Pasangan Blogger

pixabay.com
  1. Kato dan Daisy – The Food Escape

Kedua pasangan bernama Yu Kato dan Daisy Caroline ini memiliki hobi yang sama dalam mencicipi makanan. Daisy yang bekerja sebagai dokter memiliki hobi traveling sambil mencoba makanan baru, sedangkan Kato berprofesi sebagai fotografer dan memiliki ketertarikan di bidang usaha food and beverages (F&B).

Keduanya sering membagikan pengalaman mencicipi makanan di tempat tertentu lengkap dengan budget yang diperlukan. Hal ini menginspirasi pasangan lain untuk produktif bersama.

  1. Julia dan Marius – Anak Jajan

Blog yang dimulai pada tahun 2011 ini dibuat oleh pasangan Julia dan Marius. Kedua pasangan ini saling bekerja sama membuat konten yang baik untuk blog mereka, Anak Jajan. Marius yang sebelumnya berprofesi sebagai fotografer mengurusi hal-hal dokumentasi blog, sedangkan Julia mengurusi tulisannya.

Mereka memutuskan untuk meninggalkan profesi sebelumnya dan menjadi blogger penuh waktu, karena banyaknya respon positif dari para pembaca.

Blog Anak Jajan ini memuat informasi tentang banyaknya jenis makanan di Indonesia, dan juga makanan-makanan di luar negeri. Kamu juga bisa menemukan daftar tempat makan yang enak dan resep makanan.

Rekomendasi Blogger Makanan Lainnya

pexels.com
  1.  Stanislaus Hans Danial Subianto – Eat And Treats

Hans memiliki hobi di bidang fotografi sekaligus kuliner, maka ia memadukan kedua hobinya tersebut ke dalam sebuah jurnal digital sejak tahun 2012. Kamu bisa membaca banyak ulasan restoran yang telah disambangi Hans.

Tak hanya makanan di Indonesia saja, ia juga sering mereview makanan-makanan yang ada di luar negeri. Kontennya sebagian besar berpusat pada keragaman kuliner yang ada di Jakarta. Jika kamu penasaran ingin menemukan restoran terbaik khususnya di Jakarta, kamu bisa mengunjungi blog yang satu ini.

 

  1. Verdi D. Tanu – The Hungry Doctor

Mahasiswa kedokteran ini punya hobi menjajal makanan sekaligus traveling. Maka kamu bisa menemukan kedua hal ini di dalam blog pribadinya. Di blog The Hungry Doctor, Verdi menuliskan banyak review macam-macam makanan beserta ulasan tempat makan yang wajib dikunjungi.

Verdi juga merupakan anggota sebuah komunitas blogger yang bernama Food Blogger Indonesia. Kamu juga bisa menjadi food blogger dan bergabung dengan komunitas tersebut, hal yang pertama dilakukan adalah mencari tahu cara membuat blog pribadi di website.

  1. Mullie Marlina – My Fun Food Diary

Tulisan Mullie di blognya ini berpusat pada kekayaan kuliner di Kota Jakarta. Selain itu ia juga sering melakukan perjalanan keliling Indonesia dan menuliskan berbagai tempat makan yang enak dan menyajikan makanan yang unik di kota-kota yang istimewa di Indonesia.

Food blog Mullie ini cukup terkenal dengan jumlah pengunjung sebanyak 21.000 per harinya. Jika kamu mencari review makanan Jepang dan Korea yang banyak, serta beragam foto yang diambil dari kedai kopi dan cafe-cafe yang menarik.

  1. Shelmi Setiawan – The Delicacies Journal

Perempuan asal Jakarta yang berprofesi sebagai fotografer menuangkan hobinya di bidang penulisan kreatif dalam sebuah blog. Berhubung dengan profesinya sebagai fotografer, pada portfolionya kamu bisa menemukan foto-foto makanan dan restoran yang unik dan luar biasa.

  1. Cindy Lulaby – Lulaby Spoon

Ragam makanan yang ada di blog milik perempuan kelahiran 1993 ini berkisar antara makanan yang unik dan klasik. Cindy juga senang mencoba macam-macam makanan baru dan ia selalu memfoto makanan tersebut untuk diposting di blog pribadinya.

Atas ketertarikannya di bidang kuliner, blogger asal Jakarta ini kini telah memiliki restoran bersama seorang sahabatnya.  Pada blog milik Cindy ini kamu bisa menemukan informasi tambahan mengenai harga makanan dan jam operasional restoran yang ia kunjungi.

  1. Aline Chandra – Aline Aline Aline

Blogger ini memiliki pandangan filosofis tentang makanan. Menurutnya, makanan adalah layaknya ritual untuk menikmati hidup.

Melalui makanan, Aline belajar mengenal rasa dan mengetahui macam-macam bumbu yang digunakan untuk memasak makanan tersebut. Ia juga belajar untuk membuat makanan yang diinginkan.

  1. Jie Kusumo – Inijie

Konten yang ada pada blog Jie ini terbilang unik, karena memuat informasi berupa kandungan gizi yang terkandung dalam sebuah makanan dan juga mitos yang ada tentang makanan tersebut. Meskipun Jie tidak memproklamirkan diri sebagai food blogger, ia mengaku bahwa apa yang ia lakukan semata-mata karena hobi jalan-jalan dan makan bersama teman-temannya.

  1. Niya – Niya Oke

Blog pribadi milik Niya ini fokus pada ulasan tempat-tempat makanan terbaik yang ada di Indonesia hingga di luar negeri. Ketertarikannya di bidang kuliner tertuang dalam blog yang ia beri tagline The one with big appetite and big bones whose life goal is to eat well, sleep well, travel well”.

Nah, kalau kamu mau bikin blog seperti mereka, dan maunya ber-cms wordpress, maka kamu bisa pelajari cara membuat blog di wordpress. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *