Belanja online merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi bagi kamu yang hobby shopping. Wahh pasti jadi kegiatan sehari-hari yah, walaupun hanya beberapa barang saja yang kamu beli.

Pernah tidak sih kamu belanja online tapi justru kecewa? Mungkin barang yang kamu beli tidak sesuai dengan gambar, rusak, pelayanan kurang memuaskan, dan barang yang kamu pesan sangat lama sampai di tangan kamu.

Ya, inilah kelemahan dari belanja online. Tetapi tentu saja belanja online juga memiliki banyak kelebihan.

Agar kamu tidak lagi takut merasa kecewa, sebaiknya berhati-hatilah ketika akan membeli barang di jual beli online. Nahh baca ulasan berikut yuk. Kami akan memberikan tips-tips untuk kamu agar lebih hati-hati ketika belanja online.

Cara Belanja Aman dan Nyaman di Tokopedia

  1. Perhatikan barang yang akan kamu beli. Jangan mudah tergiur dengan harga murah padahal barang yang kamu butuhkan termasuk barang yang memiliki harga cukup tinggi. Sebab, sebagian orang terkadang hanya fokus pada harga tanpa memperhatikan kualitas.

Padahal ini merupakan point yang penting untuk kamu pertimbangkan. Jadi cek kualitas dulu yah, kuantitas menjadi nomer dua.

  1. Bandingkan harga barang antara toko satu dengan toko lainnya. Sebagai bentuk kehati-hatian, kamu perlu membandingkan harga barang yang akan kamu beli dengan toko lain. Pastikan kamu mempertimbangkan pantasnya bandrol harga dengan kualitas barang kamu.
  2. Mengecek kualitas toko. Selain barang belanjaan, kamu juga harus mengecek toko yang akan kamu jadikan sasaran untuk membeli barangnya. Kamu bisa melihat rate bintang dari toko tersebut.

Jika rate bintang tinggi maka dapat dipastikan toko tersebut memiliki kualitas yang baik, mulai dari pelayanan, barang yang ditawarkan, sampai pengiriman barang yang tidak cacat.

Namun jika rate bintang rendah maka kemungkinan toko tersebut kualitasnya kurang. Jadi penting lohh untuk mengecek toko sebelum membeli barang.

  1. Memilih metode pembayaran COD atau bayar di tempat. Alangkah baiknya kamu menggunakan pengiriman COD ketika berbelanja online. Ini merupakan salah satu bentuk kehati-hatian terhadap uang belanja dan juga kondisi barang yang sampai di rumah kamu.

Jadi kamu tidak perlu takut akan ditipu karena kamu sudah terlanjur transfer sedangkan barang pesanan kamu tidak sampai rumah, atau barangnya cacat.

  1. Melacak barang pesanan. Jika kamu sudah memesan barang dan sedang dalam pengiriman, kamu perlu juga untuk melacak barang pesanan.

Dari sini kamu bisa mengetahui apakah barang kamu sudah sampai tujuan atau belum. Terkadang kita terlalu lama menunggu barang yang tidak kunjung sampai tanpa tahu kepastiannya bukan?

Kamu bisa melacak barang pesanan kamu dengan klik Lacak pada bagian halaman status pemesanan. Klik Ya ketika kamu sudah selesai melacak barang kamu.

Lima hal di atas harus kamu terapkan ketika akan belanja online di Tokopedia yah, agar kamu dapat berbelanja dengan aman, nyaman dan puas.

Seperti yang sudah kami jelaskan pada point ke empat, COD merupakan salah satu metode pembayaran yang aman. Buat kamu yang belum tahu caranya belanja bayar di tempat, yuk coba simak ulasan berikut, agar kamu bisa bayar di tempat ketika belanja online di Tokopedia.

Cara Belanja di Tokopedia dengan Model Bayar di Tempat

Memilih produk yang berlabel Bayar di Tempat

Pertama-tama kamu harus mencari produk yang sedang kamu butuhkan. Pilih produk yang memiliki label dengan tulisan Bayar di Tempat. Dengan begitu kamu bisa melakukan pembayaran setelah barang pesanan kamu sudah sampai.

Mencantumkan alamat

Jika kamu sudah selesai memilih barang yang kamu butuhkan, kemudian lanjutkan pembelian kamu dengan menyelesaikan transaksi. Setelah itu, masukkan alamat lengkap kamu.

Kamu harus tau. Berbelanja dengan bayar di tempat ini hanya bisa digunakan pada beberapa kota tertentu saja. Di antaranya adalah, Yogyakarta, Medan, Jakarta, Surabaya, Solo, dan Malang. Namun, sewaktu-waktu dapat bertambah.

Memilih durasi pengiriman

Pada langkah ini, kamu harus memilih durasi pengiriman yang mendukung dengan metode pembayaran COD atau bayar di tempat. Kamu juga harus memastikan jika kurir pengiriman atau Independent dispatch services yang kamu pilih juga mendukung metode pembayaran COD.

Jangan lupa, barang-barang yang akan kamu beli harus berlabel bayar di tempat ya.

Kamu ingin berbelanja hemat di Tokopedia? Tentu bisa banget dong. Salah satunya dengan gratis ongkir.

Kamu pasti suka kan jika belanja bebas ongkir? Di Tokopedia kamu bahkan bisa mendapatkan gratis ongkir hingga Rp. 40.000. Banyak juga yah?

Tertarik dan ingin mencoba? Ini dia langkah-langkahnya agar kamu bisa mengklaim gratis ongkir ketika berbelanja di Tokopedia. Yukk simak sampai akhir.

Cara Belanja Gratis Ongkir di Tokopedia

Perbarui aplikasi tokopedia

Bagi kamu yang sudah memiliki aplikasi Tokopedia, cobalah untuk memperbarui aplikasinya dan pastikan kamu menggunakan versi terbarunya yahh.

Memilih produk

Setelah kamu mengunduh versi terbaru aplikasi Tokopedia, selanjutnya kamu buka aplikasi ini dan mulai berbelanja.

Pilih produk yang berlabel bebas ongkir. Produk atau barang yang memiliki label bebas ongkir ini secara otomatis sudah membebaskan kamu dari ongkir ketika berbelanja. Jadi kamu tidak perlu menggunakan kode promo untuk mendapatkan gratis ongkir.

Nahh cukup dua langkah di atas kamu terapkan maka kamu langsung bisa berbelanja dengan gratis ongkir. Kamu menjadi lebih hemat dan tentunya sangat menyenangkan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *