Bagi Anda penggemar mangga tentu tidak asing dengan jenis mangga apel. Mangga ini akan berasa manis jika sudah benar-benar matang. Jika masih muda atau setengah matang (gemading) rasa yang dihasilkan adalah masam. Bentuk dan warnanya yang menyerupai apel akan menghasilkan aroma harum khas mangga saat buah ini benar-benar matang. Namun, ada cara untuk membuat mangga ini manis.

 

Menggunakan Pupuk TSB

Bagi para petani mangga, pupuk jenis TSB ini sangat familiar. Selain untuk membuat pohon mangga lebih subur, ada banyak bukti menunjukkan bahwa pupuk ini dapat membuat mangga apel lebih manis. Contohnya yakni para petani di Kedung Ombo. Mereka yang merupakan petani mangga apel menggunakan pupuk TSB untuk membuat manis buah tersebut. Penanaman terhadap pohon mangga apel serta perawatannya juga perlu diperhitungkan dengan seksama supaya buah yang dihasilkan mangga ini terasa lebih manis.

  1. Tanam dengan jarak 4 meter antar pohon

Dengan melakukan penanaman berjarak 4 meter untuk antar pohon mangga apel, perawatan dan pemanenannya akan lebih mudah. Pemangkasan pohon supaya tidak lebih dari 2 meter pun dirasa akan lebih mudah. Mengapa? Pohon mangga apel dengan tinggi 2 meter dipercaya dapat menghasilkan buah yang lebih manis.

 

  1. Potong ranting yang tumbuh jika melebihi dua ranting

Pengaturan ranting pada pohon mangga apel akan menghasilkan jumlah buah mangga sesuai yang dikehendaki. Untuk memudahkan proses pemanenan, setiap ranting pohon yang memiliki buah mangga apel diusahakan untuk ditali.

 

  1. Tutupi buah mangga yang menggantung dengan jaring lentur

Mangga apel akan lebih nikmat jika mereka matang pohon. Supaya menghasilkan kualitas premium dari rasa manis buah mangga apel, tutupi buah mangga yang sedang diproses oleh pohon dengan jaring lentur yang digantung tali berkait. Sehingga saat buah sudah matang, mereka akan terlepas dari tangkainya secara alami tanpa perlu proses pemetikan.

 

Begitulah cara membuat mangga apel lebih berasa manis. Semoga cara yang Anda lakukan berhasil dengan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *