Terdapat berbagai jenis rumput yang dapat digunakan untuk memperindah halaman rumah. Salah satu rumput yang paling sering digunakan adalah rumput jepang. Rumput ini juga biasanya digunakan untuk lapangan.

Walaupun dinamakan rumput Jepang, ternyata rumput ini bukan berasal dari Jepang. Nama tersebut diberikan karena agar lebih mudah diingat saja. Rumput ini memiliki ukuran yang pendek dengan tekstur kasar.

Langkah Mudah Menanam Rumput Jepang

Anda perlu memperhatikan beberapa cara yang tepat untuk menanam rumput Jepang. Berikut setiap langkah yang anda butuhkan untuk menanam rumput dengan mudah di halaman anda.

  1. Pilih Bibit

Anda dapat memilih bibit yang unggul dengan ciri-ciri berwarna hijau segar. Selain itu, bibit yang baik juga tidak terserang hama penyakit dan tampak kokoh. Tekstur yang dimiliki juga keras, tidak layu.

  1. Siapkan Bibit

Pisahkan bibit dalam kelompok yang lebih kecil. Kemudian pastikan akar tanaman juga ikut terpisah namun tidak tercabut karena rumput tidak akan tumbuh tanpa akarnya.

  1. Persiapkan Lahan

Untuk mendapatkan tanaman yang bagus, lahan yang subur juga perlu dipersiapkan. Anda dapat mengemburkan lahan dan meratakan permukaan tanah. Bersihkan tanah dari sisa rumput dan bebatuan. Jangan lupa untuk menggunakan pupuk kandang dan siram agar meresap dengan baik.

  1. Penanaman Rumput

Setelah di gemburkan, langkah selanjutnya adalah menanam rumput. Sebelum di tanam, siram bibit terlebih dahuhu untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Kemudian buat lubang tanam dengan jarak rapat dan tanam bibit.

  1. Perawatan Rumput

Perawatan dapat dilakukan dengan penyiraman dan pemupukan secara teratur. Penyiangan juga diperlukan untuk mencabut gulma dan rumput liar.

Tips Menanam Rumput Jepang

Untuk menamam rumput jepang terdapat beberapa tips yang dapat membantu anda. Berikut tips yang perlu anda ketahui.

  1. Perhatikan waktu penanaman rumput, waktu terbaik adalah pada sore hari menjelang malam
  2. Siram 2 kali sehari di pagi dan sore hari untuk menjaga akar rumput
  3. Pupuk dengan pupuk urea saat berumur 2 minggu

Rumput jepang dapat menjadi alternatif terbaik untuk rumput halaman yang mudah dalam penanaman dan perawatannya. Pastikan melakukan penyiraman dan pemberian pupuk secara teratur.