Sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan utama yang cukup mendasar untuk manusia, bahkan peran internet dalam kehidupan manusia sudah sejajar dengan kebutuhan manusia akan listrik dan air, internet juga memiliki fungsi yang sangat krusial bagi manusia modern.

Diantaranya untuk mengakses informasi, menunjang alat-alat yang mempermudah manusia dalam mendukung aktifitas manusia sehari-hari bahkan untuk sekedar hiburan pun sekarang banyak yang sudah bergantung dengan internet seperti contohnya game online.

Untuk bermain game onlone tentunya anda membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil agar permainan anda tidak terganggu, namun biasanya karena banyaknya orang Indonesia yang menggunakan internet dan operator yang memiliki banyak pelanggan sehingga membuat internet jadi sedikit lelet dan kurang lancar untuk bermain game.

Untuk mengatasi hal ini anda dapat menggunakan setting APN (Acces Point Name) pada jaringan internet selular anda, dengan mengatur ulang setting APN pada jaringan internet di HP anda maka koneksi internet anda akan lebih lancar dan maksimal.

Apa itu APN?

APN adalah kepanjangan dari Acces Point Name yang merupakan jembatan penghubung antara seluler dengan internet, atau lebih jelasnya merupakan penghubung antara seluler dengan operator penyedia layanan internet.

Karena jika anda akan menggunakan fasilitas layanan internet tersebut maka anda harus memiliki APN yang akan menjadi penghubung antara seluler dengan operator penyedia layanan internet sehingga setelah anda setting APN dengan benar, maka anda akan di ijinkan mengakses ke internet dengan menggunakan layanan operator yang anda pilih.

Saat ini semua operator pasti memiliki layanan APN di dalamnya agar penggunanya dapat dengan mudah menggunakan paket data internet yang telah di tawarkan oleh operator, biasanya ada yang secara otomatis setelah kartu terpasang pada seluler maka  APN juga secara otomatis akan berjalan dengan lancar tanpa perlu di setting ulang.

Namun ada juga yang harus setting ulang APN ketika menggunakan kartu karena internet tidak berjalan dengan lancar atau ada juga yang setting ulang APN untuk me-refresh koneksi jaringan internet anda agar kembali ke settingan awal.

Salah satu operator di Indonesia yang saat ini cukup di minati oleh banyak pengguna selular adalah operator Axis, operator ini dikenal memiliki tariff yang murah dan menyasar segmen anak muda dan pelajar karena harga paket internetnya yang pas di kantong anak muda dan pelajar.

Mengenal Axis

Axis sebelumnya adalah perusahaan telekomunikasi yang berada di bawah naungan lippo group kemudian pada tahun 2013, axis di lirik oleh perusahaan layanan operator XL axiata yang membawahi XL.

Kemudian setelah terjadi perjanjian dan kesepakatan akhirnya Axis resmi di jual ke XL axiata dan kini bergabung menjadi grup XL axiata. Seperti kita tau, XL axiata merupakan salah satu operator yang cukup besar dan bersaing dengan operator besar lainnya di Indonesia sehingga untuk kualitas jaringan dan pelayanannya sudah tidak di ragukan lagi.

Dengan bergabungnya axis ke XL maka secara otomatis kualitas dari axis pun akan sama dengan XL axiata. Axis menyediakan banyak layanan salah satunya paket data internet yang cukup murah dan bersaing sehingga axis banyak di gunakan oleh kalangan anak muda dan pelajar karena ramah di kantong.

Untuk menggunakan paket data Axis biasanya anda harus setting ulang APN agar koneksi jaringan internet berjalan lancar, namun jika tidak ada kendala dalam jaringan maka anda tidak perlu setting ulang APN Axis.

Cara setting APN Axis

Jika anda menggunakan Axis dan tiba-tiba koneksi lelet, kemungkinan APN anda perlu di setting ulang, atau jika anda memang ingin dengan sengaja menyegarkan jaringan axis anda agar koneksi lebih cepat dan stabil maka untuk itu berikut kami berikan cara setting ulan APN Axis.

  • Buka menu setting atau pengaturan pada HP anda
  • Pilih menu jaringan seluler
  • Pilih APN (Acces Point Name)
  • Pilih Add New APN, Setelah itu akan muncul pengaturan yang mengharuskan anda untuk mengisi beberap kolom yang perlu di isi dan membiarkan kolom yang tidak perlu di isi (di kosongkan saja) yang perlu di isi adalah kolom :

Nama                 : Axis

APN                    : Axis

Proxy                 : 10.8.3.8

Port                    : 8080

Username        : Axis

Password         : 123456

MCC                   : 510

MNC                   : 08

Jenis APN         : Default

Protokol APN  : IPv4

Protocol roaming APN                : IPv4

Jenis authentifikasi      : PAP

Kesimpulan

Itulah APN Axis yang perlu anda ketahui jika anda akan menggunakan kartu Axis sebagai layanan paket data seluler anda, untuk lebih detail tentang tips dan trick setting APN Axis anda juga dapat mengunjungi website aptoide, di website tersebut anda akan di berikan banyak penjelasan tentang APN, tentang berbagai tips dan trik tentang games.

Anda juga dapat melihat informasi tentang cara membeli paket data dan kuota murah dari berbagai layanan operator serta masih banyak lagi tips-tips berguna lainnya yang sayang untuk anda lewatkan, tampilan websitenya pun simpel dan mudah di pahami serta enak di baca.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *