Transfer pulsa adalah jenis layanan yang  disediakan oleh operator seluler agar para pelanggannya bisa membagi pulsa dengan orang lain. Tujuan dari adanya layanan tersebut adalah untuk membantu pelanggan yang kehabisan pulsa sedangkan dia harus melakukan komunikasi dengan ponselnya. Layanan transfer pulsa biasanya bisa digunakan untuk membagi atau mengirimkan pulsa ke nomor lain.

Mengingat transfer pulsa tersebut sangat bermanfaat dan membantu pelanggan maka hampir semua operator sudah menyediakannya. Terlebih operator yang sudah lama ada dan terkemuka seperti XL. Operator tersebut menyediakan layanan untuk saling berbagi pulsa bagi sesama pengguna kartu XL agar komunikasi tetap lancar. Transfer pulsa juga sangat membantu mereka yang kelupaan untuk isi ulang.

Memang sebenarnya isi ulang mudah dilakukan seperti di agen pulsa murah, lewat ATM dan metode lainnya. Hanya saja kadang kesibukan yang membuat orang sampai lupa mengisi ulang pulsa. Disinilah fungsi dari layanan transfer pulsa akan dirasakan oleh pelanggan. Jika Anda adalah pelanggan dari kartu XL dan ingin membagi pulsa bisa mengikuti langkah yang akan dijelaskan berikut ini.

Inilah cara untuk melakukan transfer pulsa dari operator XL.

Aturan Transfer Pulsa dari XL

Transfer Pulsa Lewat SMS

Cara membagi pulsa kepada teman untuk operator XL bisa dilakukan melalui pesan singkat atau SMS. Caranya hampir sama dengan cara mengirim pesan SMS biasa hanya saja ada format tertentu yang harus diikuti. Format SMS untuk melakukan transfer pulsa XL adalah sebagai berikut :

  • – Ketik pesan BAGI (spasi) no tujuan (spasi) nominal pulsa.
  • – Kirimkan pesan SMS ke nomor 168.
  • – Tunggu SMS balasan lalu balas dengan ketik Y.
  • – Kirim balasan ke 168.
  • – Ketik nominal pulsa dengan besaran kelipatan 1.000 hingga 200 ribu.
  • – Kirimkan ke nomor tujuan dan tunggu sms konfirmasinya.
  • – Setelah ada sms konfirmasi lalu ketik Y.
  • – Transfer pulsa telah selesai dilakukan.

Transfer Pulsa Lewat Panggilan

Pembagian atau pengiriman pulsa kepada nomor lain juga bisa dilakukan lewat panggilan telepon. Transfer pulsa XL cukup dilakukan dengan panggilan ke nomor tertentu lalu ikuti petunjuk selanjutnya. Begini cara untuk membagi pulsa XL lewat panggilan telepon.

  • – Lakukan panggilan dengan mengetik *123*168# lalu pilih nomor tujuan.
  • – Setelah itu pilih nominal pulsa yang akan dibagikan.
  • – Ketik *123*8461# kemudian pilih “Bagi Pulsa” .
  • – Ikuti petunjuk selanjutnya hingga proses transfer pulsa selesai.

Transfer Pulsa Lewat Aplikasi

Kalau Anda tidak ingin ribet dalam membagi pulsa pada nomor XL lain maka solusi tepatnya adalah dengan mengunduh aplikasi khusus. Aplikasi yang dimaksud adalah My XL yang bisa didapatkan gratis dari Playstore. Transfer pulsa lewat My XL lebih mudah dan praktis karena kita tinggal memilih fitur yang sesuai saja. Dengan begitu akan lebih cepat dan tidak harus mengetik cukup banyak.

Tranfer pulsa lewat My XL cukup mudah yaitu langsung pilih menu “Bagi Pulsa” dalam aplikasi. Lalu masukkan nomor yang akan dikirimi pulsa serta masukkan nominal pulsanya. Setelah itu tinggal klik KIRIM dan tunggu SMS yang berisi kode OTP. Masukkan kode OTP tersebut dan otomatis pulsa akan masuk.

Mungkin Anda akan bertanya apakah layanan transfer pulsa tersebut hanya bisa digunakan untuk membagi pulsa saja? Ternyata tidak karena dengan layanan tersebut kita juga bisa meminta untuk dikirimi pulsa oleh nomor lain. Termasuk berapa syarat yang berlaku untuk transfer pulsa XL tersebut. Temukan jawabannya dalam keterangan berikut ini.

Hal Lain Dalam Transfer Pulsa XL

Meminta Dikirimi Pulsa

Dalam kondisi tertentu mungkin kita justru membutuhkan kiriman pulsa dari nomor XL yang lain. Jangan kuatir karena hal tersebut bisa dilakukan sama mudahnya dengan melakukan transfer pulsa. Caranya juga hampir sama yaitu dengan melakukan panggilan telepon ke nomor *123*8461# lalu pilih nomor 5 “Minta Pulsa”. Setelah itu silahkan pilih nomor siapa yang akan Anda minta untuk mengirimkan pulsa.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa

Untuk bisa melakukan pembagian pulsa kepada sesama pengguna XL maka Anda harus mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat dan ketentuan tersebut antara lain yaitu :

  • – Sisa pulsa minimal di nomor pengirim setelah melakukan transaksi transfer pulsa adalah sebesar Rp. 5.000.
  • – Biaya yang akan dikenakan kepada nomor pengirim dengan memotong pulsa adalah Rp. 500 untuk setiap transaksi transfer yang dilakukan.
  • – Transfer atau pembagian pulsa oleh satu nomor maksimal adalah sebanyak 5 kali dalam satu hari.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk transfer pulsa XL.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *