Dunia film memang tak ada habisnya untuk selalu diperbincangkan. Film banyak sekai genrenya mulai dari romantic, action, hingga comedy. Masing-masing memiliki kelebihan serta pesonanya masing-masing yang mampu membius siapapun yang menontonnya. Film sejatinya merupakan sebuah gambar bergerak yang umumnya ditampilkan di layar besar dimana menceritakan sesuatu yang syarat akan makna dan pesan.

Cerita di dalam film bersumber dari ide penulis naskah namun, juga bisa mengadaptasi dari sebuah novel atau karangan yang sempat tenar. Dari naskah tersebut maka sang aktor memainkan perannya melalui adegan yang ditunjukkan.

Di era sekarang, film ini tidak hanya sebagai hiburan semata namun, lebih dari itu. Maka tak heran jika film eksistensinya tak akan mudah padam karena selalu mengikuti perkembangan zaman serta selalu memiliki peminat tersendiri meski kini sudah ada televisi.

Film memiliki beragam komponen yang membuatnya begitu kompleks. Komponen ini yang juga berperan untuk membuat film menjadi tontonan yang menarik.

Diantara komponen film tersebut adalah produser, sutradara, penulis naskah, editor, aktor dan aktris, penata suara, penata musik, dan penata kamera. Masing-masing memiliki perannya yang penting dan akan berakibat fatal tatkala diantaranya tidak ada.

Fungsi film

Pixabay.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, film ini bukan saja berfungsi sebagai hiburan namun juga memiliki fungsi lain. Berikut ini fungsi film yang wajib Anda ketahui.

  1. Media komunikasi massa

Fungsi film pertama adalah sebagai media komunikasi massa yang efektif. Meski tak semua film memiliki fungsi ini namun, di beberapa film menceritakan tentang suatu fakta yang terjadi di sebuah negara. Film sebagai media komunikasi massa ini juga bisa dilihat tatkala film mampu menyampaikan tentang suatu pesan di masa lampau yang belum banyak diketahui orang.

  1. Media pendidikan

Film sebagai media pendidikan dapat dilihat dari pesan moral yang disampaikan melalui adegan dalam film. Pesan tersebut bertujuan agar penonton mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Media ekspresi dan artistik

Film menjadi suatu seni yang syarat akan nilai yang tinggi. Hal ini terlihat dari adegan yang dipertontonkan serta keindahan visual yang ditunjukkan. Maka dari itu, film dianggap sebagai media untuk menunjukkan ekspresi diri serta sebagai karya artistik bernilai tinggi dari seorang sutradara.

Review Film Cargo

Pixabay.com

Memang tak sefamiliar film Hollywood, namun film Australia tak kalah bagus kualitasnya. Hal ini senada dengan yang dikatakan Jerome Kurnia. Ia mengatakan bahwa bahwa kualitas film Australia memang tak kalah bagus dari film Hollywood meski masih banyak orang yang tahu. Film dari negeri Kangguru ini meski masih kalah familiar dengan film Hollywood namun, ternyata film Australia memiliki peminat yang lumayan banyak tidak hanya dari negaranya sendiri namun dari seluruh penjuru dunia.

Salah satu film Australia yang cukup menyita antusias banyak orang adalah film Cargo. Film yang rilis pada tahun 2017 ini merupakan film pendek Australia yang disutradarai oleh Ben Howling dan Yolanda Ramke. Sebelum dirilis secara umum, film Cargo awalnya digarap untuk mengikuti ajang festival film pendek Tropfest.

Namun, ketika diupload di Youtube ternyata antusias penonton cukup banyak. Bahkan sempat viral hingga viewnya mencapai jutaan. Film Cargo dibintangi oleh aktor seperti Martin Freeman, Anthony Hayes, dan Caren Pistorius. Naskah dari film Cargo ditulis langsung oleh Yolanda Ramke. Tak banyak orang yang tahu bahwa film Cargo yang rilis pada tahun 2017 ini merupakan buatan ulang atau remake dari judul film yang sama yang rilis pada tahun 2013.

Film pendek Cargo ini memiliki cerita yang menarik dan unik sehingga membuatnya sempat viral di Youtube. Film Cargo menceritakan tentang zombie dengan kisah hidup yang cukup membuat haru siapapun yang menontonnya. Film ini dari awal menceritakan tentang ikatan yang begitu erat antara ayah dan anak perempuannya.

Ayah yang memiliki istri zombie ini pada suatu hari terkena gigitan sang istri yang memaksanya mau tidak mau akan menjadi zombie dalam waktu yang tak lama. Karena putrinya yang masih bayi maka ayah tersebut berjuang sekuat tenaga untuk melindungi putrinya agar tak ikut terkena gigitannya ketika sudah menjadi zombie.

Salah satu perjuangan yang cukup menguras air mata adalah tatkala ia berjuang untuk mencari potongan tubuh manusia untuk kemudian disimpan dalam plastik. Selain itu, seorang ayah tersebut membuat suatu rencana kecil nan cerdas. Semua usaha yang dilakukan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai bentuk perjuangan seorang ayah yang ingin melindungi putrinya yanh bayi.

Cerita dalam film Cargo sangatlah menarik untuk ditonton Anda beserta keluarga. Hal ini karena pesan moral yang ada di film begitu mendalam dan menyentuh sehingga siapapun tak akan sedih dan terharu ketika menontonnya.

Meski banyak sekali film yang mengangkat ide tentang zombie namun, film Cargo ini merupakan film horror-action yang mengusung ide segar nan baru dilihat dari cerita yang diusung. Sehingga siapapun yang menontonnya tak akan bosan meski sudah menonton berkali-kali. Jadi, bagi Anda para maniak film wajib untuk menonton film Cargo ini. Jangan lupa cari tau juga tentang hantu baca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *