Sekarang ini kita hidup di era modernisasi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Berbagai penemuan baru telah ditemukan yang akan berguna untuk membantu memudahkan tugas manusia. Media sosial menjadi salah satu temuan yang sangat membantu untuk memudahkan tugas manusia. Karena dengan menggunakan media sosial maka kita bisa bersosialisasi dengan banyak orang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan media sosial sendiri membawa banyak dampak positif bagi kehidupan manusia. Akan tetapi apabila kita tidak bijak dalam menggunakan media sosial tersebut maka juga akan banyak dampak negatif yang di timbulkan. Sekarang ini hampir setiap manusia di belahan bumi manapun sudah menggunakan media sosial.

Banyak orang yang sudah menggunakan media sosial, tapi meskipun begitu hal tersebut tidak menjamin bahwa mereka mengetahui apa itu media sosial bagaimana fungsinya dan yang lainnya. Yang di ketahui oleh kebanyakan orang hanyalah menggunakan media sosial untuk bersenang senang dan untuk mencari hiburan.

pixabay.com

Apa Itu Media Sosial

Bagi kamu yang selama ini menggunakan media sosial tetapi hanya sekedar menggunakan dan tidak mengetahui apa maksud dan pengertian dari media sosial. Perlu diketahui bahwa media sosial merupakan sebuah media online atau daring yang dimanfaatkan sebagai sarana untuk pergaulan dan bersosialisasi secara online di dunia maya.

Dengan menggunakan media sosial maka pengguna atau user bisa bersosialisasi, berkomunikasi dan juga berinteraksi. Selain itu media sosial juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berbagi, networking, marketing dan berbagai kegiatan lainnya. Pada umumnya media sosial menggunakan teknologi berbasis website atau aplikasi yang dapat mengubah suatu komunikasi menjadi interaktif.

Mungkin di masa lalu ketika berbicara mengenai media sosial maka yang akan ada di benak masyarakat adalah facebook. Karena Hack fb online menjadi salah satu media online pertama yang digunaan oleh masyarakat indonesia dan sudah digunakan sejak tahun 2007. Meskipun sudah ada sejak tahun 2007 tetapi sampai sekarang ini facebook tetap menjadi pilihan para pengguna media sosial.

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang tetap memilih untuk menggunakan facebook adalah karena facebook tidak pernah berhenti untuk melakukan berbagai inovasi dan pengembangan fitur. Sehingga para pengguna menjadi merasa nyaman ketika berselancar di media sosial menggunaan facebook. Seiring dengan berjalannya waktu tentunya membuat banyak media sosial lain yang bermunculan.

Beberapa media online baru yang cukup eksis dan banyak digunakan oleh masyarakat antara lain seperti. Instagram yang merupaka media sosial di mana kita bisa berbagai foto dan vidio sekaligus membagikan berbagai momen dan kegiatan yang ita lakukan. Sejak di luncurkan instagram mulai banyak menarik perhatian para pengguna media online dan bahkan popularitasnya sekarang ini melebihi facebook.

Youtube juga menjadi salah satu media online yang sangat populer karena dengan menggunakan youtube maka kita bisa berbagi dan menonton berbagai vidio kreatifitas anak bangsa. Selain itu salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakan youtube adalah karena ingin mendapatkan penghasilan dari adsense. Selain itu masih banyak lagi sosial media lain yang bisa digunakan seperti whatsapp, tiktok, twitter dan masih banyak lagi yang lainnya.

pixabay.com

Karakteristik Dan  Fungsi Media Sosial

Tentunya semua hal yang ada di dunia ini memiliki karakteristik dan fungsi masing masing. Begitu pula dengan media sosial yang memiliki karakterisitik dan juga fungsi. Mengetahui karakteristik dan juga fungsi dari media sosial tentunya menjadi salah satu hal yang harus kita lakukan. Karena dengan begitu kita akan lebih mengerti mengenai media sosial yang kita gunakan.

Perlu diketahui bahwa kita bisa mengetahui suatu hal melalui karakteristik yang dimiliki. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa karakteristik media sosial yang perlu kamu ketahui.

  1. Perlu diketahui bahwa semua mdia sosial akan mendorong para penggunanya untuk berpartisipasi dan memberikan umpan balik terhadap suatu pesan ata konten yang ada di media sosial. Di mana konten yang dikirimkan di media sosial tersebut bisa dilihat oleh setiap orang.
  2. Media sosial akan memberikan ruang yang memungkinkan untuk terjadinya interaksi terhadap suatu konten yang dibuat baik itu dalam bentuk reaksi ataupun perbincangan antar pengguna. Pada umumnya ruang interaksi tersebut di berikan dalam bentuk komentar ataupun like dan yang lainnya.
  3. Keberadaan kolom komentar, vooting dan berbagai hal lain yang ada di media sosial menjadi sebuah bukti bahwa media sosial memberikan ruang dan kesempatan bagi para paneggunaanya sebuah prinsip keterbukaan.

Itu tadi beberapa karakteristik yang dimiliki oleh media sosial. Selain karakteristik media sosial juga memiliki berbagai fungsi dalam menunjang kehidupan manusia. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari media sosial yang perlu kamu ketahui.

pixabay.com
  1. Media sosial berfungsi sebagai tempat untuk memperluas interaksi sosial manusia dengan memanfaatkan teknologi
  2. Media sosial juga berguna sebagai personal branding dan sebagai sarana pemasaran yang sangat efisien dengan jangkauan pasar yang lebih luas.
  3. Media sosial juga berfungsi sebagai tempat untuk mencari hiburan di kala stress dan di waktu luang

Selain beberapa fungsi tersebut masih banyak lagi berbagai fungsi yang dimiliki oleh media sosial yang tentunya akan memudahkan kehidupan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *