Di era berbasis internet seperti sekarang ini, siapapun pasti sangat familiar dengan Google Tejemah atau Google Translate. Salah satu fitur buatan Google yang memiliki manfaat sangat besar terlebih bagi Anda yang memiliki hobi plesiran ke negara-negara asing di dunia.

Kepraktisan dan kemudahan adalah sesuatu yang ditawarkan oleh Google Translate ini. Pasalnya tanpa harus membawa kamus terjemah, Anda bisa tahu bahasa apapun lewat salah satu fitur dari Google ini.

Dengan adanya fitur semacam ini, memahami bahasa asing sudah pasti akan semakin mudah. Artinya kendala komunikasi jika tengah berada di negeri orang bisa diminmalisir seminim mungkin.

Kabar gembira untuk para pengguna smartphone. Pasalnya saat ini salah satu aplikasi andalan Google ini sudah bisa dipasang di smartphone. Artinya secara penggunaan pun akan semakin praktis.

Dengan demikian, proses menerjemahkan bahasa dan tulisan asing ke bahasa yang Anda pahami atau sebaliknya pun semakin mudah. Namun sayangnya masih ada beberapa fitur Google Translate yang belum banyak dimanfaatkan.

Bisa jadi karena ketidak tahuan atau merasa jika fungsi fitur yang ada pada Google Translate hanya sebatas alat penerjemah saja. Jika memang faktanya seperti itu, lalu apa saja fitur yang masih kurang dimanfaatkan tersebut?

Google Translate Offline

pexels.com

Jika selama ini Anda mengira jika Google Translate hanya bisa digunakan jika ada koneksi internet saja, maka Anda sudah salah besar. Sebab kini Google berhasil mengembangkan salah satu aplikasi andalannya ini sehingga tetap bisa difungsikan tanpa bergantung pada koneksi internet.

Berkat adanya teknologi Neural Machine Translation atau NMT, aplikasi terjemah Google sebenarnya sudah bisa dimanfaatkan meskipun tanpa ada koneksi internet sekalipun atau dalam mode offline.

Artinya bagi Anda yang ingin memanfaatkan aplikasi ini saat melancong ke luar negeri, ada baiknya untuk mengunduhnya terlebih dahulu bahasa utama negara yang ingin dituju. Dengan cara seperti ini, selain bisa menghemat paket data, juga untuk berjaga-jaga jika tidak memiliki akses internet di negara tersebut.

Berbicara mengenai menghemat paket data, kini cukup banyak operator telekomunikasi yang menawarkan layanan internet murah. Misalnya saja seperti apa yang dilakukan oleh Telkomsel.

Salah satu operator telekomunikasi terbaik di Indonesia ini menawarkan paket data murah untuk menonton berbagai jenis film dalam dan luar negeri serta beberapa tayangan televisi.

Artinya smartphone kini bisa disulap menjadi media hiburan yang sangat lengkap. Cukup dengan menggunakan paket data Videomax dari Telkomsel, Anda dijamin tidak akan kekurangan stok hiburan di smartphone.

Memang tanpa mengunakan paket data khusus pun menonton film bisa dengan mudah dilakukan di smartphone. Tapi umumnya akan menyedot cukup banyak paket data Anda. Berbeda jika Anda menggunakan paket data dari Telkomsel ini.  Anda bisa menonton film sepuasnya dengan paket data minimal.

Type To Translate

Fitur utama Google Translate yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah Type to Translate. Bagi yang pernah menggunakan aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini.

Pasalnya sesuai dengan namanya, fitur utama dari Google Terjemah adalah kemampuan untuk mengetik sesuatu dan menerjemahkannya ke bahasa yang sudah dipilih oleh penggunanya.

Nantinya setelah aplikasi dibuka, Anda akan menemukan bahasa yang diketik di sebelah kiri dan yang di sebelah kanan adalah kalimat terjemahan dari kalimat yang sudah Anda ketik tadi.

pexels.com

Write To Translate

Fitur selanjutnya bernama Write To Translate. Artinya Google Translate juga menyediakan fitur yang bisa mendeteksi tulisan tangan para penggunanya lalu diterjemahkan ke bahasa yang sudah dipilih.

Untuk fitur ini masih kurang dimanfaatkan oleh para pengguna Google Translate. Para pengguna Google Translate seringnya menggunakan fitur Type to Translate. Padahal untuk menggunakan fitur ini Anda tinggal Tap pada menu Handwriting lalu tulis kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan.

Instant Camera Translation

Instant Camera Translation juga termasuk salah satu fitur Google Terjemah yang masih minim penggunaannya. Padahal melalui fitur ini Anda bisa dengan mudah menerjemahkan bahasa asing lewat media foto.

Apalagi yang perlu dilakukan hanya mengarahkan kamera ke teks yang ingin Anda terjemahkan. Setelah itu cukup ikuti instruksi yang ada di aplikasi Google Translate tersebut.

Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan melakukan terjemah bahasa via suara. Artinya ketika melakukan percakapan dengan lawan bicara, Google Terjemah bisa langsung menerjemahkan ke bahasa yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *