Kota Surabaya merupakan ibukota sekaligus kota metropolitan terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, tentunya Surabaya termasuk kota yang padat dan memiliki kontribusi yang besar dalam bidang perekonomian. Akibatnya, berbagai jenis bisnis mampu berkembang pesat di kota yang disebut Kota Pahlawan ini.

Sebagai kota yang padat penduduk, tentunya ada banyak sekali kendaraan yang lalu lalang di kota yang satu ini. Karena itulah dapat disimpulkan bahwa bisnis perbengkelan di Kota Surabaya cukup menjanjikan. Jika Anda ingin belajar dari nol tentang ilmu permesinan dan cara menjadi mekanik, Anda bisa mengambil kursus mekanik yang ada di Kota Surabaya.

Hendriansyah Mechanical Motor Course atau yang biasa disingkat menjadi HMMC merupakan salah satu lembaga kursus yang ada di Kota Surabaya. Lembaga kursus yang satu ini awalnya didirikan oleh Hendriansyah, seorang pembalap asal Yogyakarta. Lembaga kursus yang awalnya didirikan di Kota Yogyakarta ini akhirnya membuka cabang di berbagai Kota di Indonesia termasuk Surabaya.

Mengapa HMMC

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Mempelajari hal apapun memang selalu membutuhkan waktu. Waktu yang diperlukan agar dapat mempelajari serta menguasai sesuatu pun bervariasi tergantung dari daya tangkap seseorang dalam menerima pelajaran. Meski umumnya mempelajari sesuatu yang baru membutuhkan waktu lama, namun ada beberapa faktor yang dapat mempersingkat waktu untuk menguasai suatu ilmu.

Faktor-faktor tersebut mendukung cara belajar yang efektif serta efisien sehingga seorang siswa dapat memahami serta menguasai ilmu baru tanpa membutuhkan terlalu banyak waktu. Beberapa faktor tersebut di antaranya adalah suasana pembelajaran yang nyaman, belajar bersama, belajar dengan metode praktik, belajar dengan memahami bukan menghafal, dan lain-lain.

  1. Suasana belajar yang nyaman

Salah satu faktor yang mendukung cara belajar yang efektif serta efisien adalah suasana belajar yang nyaman. Suasana belajar yang nyaman ini dapat tercipta salah satunya adalah dengan menggunakan ruang pembelajaran yang nyaman, misalnya ruang pembelajaran yang dilengkapi dengan pendingin udara atau AC.

Selain menggunakan ruang pembelajaran yang nyaman, proses belajar juga akan efektif serta efisien apabila fasiitas yang diperlukan untuk pembelajaran tersedia secara lengkap mulai dari buku-buku materi pembelajaran hingga peralatan-peralatan yang akan digunakan untuk praktik.

Tenaga pengajar atau instruktur yang berpengalaman serta kompeten dalam mengajar juga tidak kalah penting agar siswa dapat memahami dan menguasai materi pembelajaran dengan cepat.

  1. Belajar bersama

Belajar bersama dapat menciptakan suasana belajar yang santai sehingga otak tidak tegang dan justru menjadi rileks. Saat otak dalam keadaan rileks, tidak tegang dan tidak tertekan, otak akan lebih mudah untuk menerima pelajaran. Dengan belajar bersama, siswa dapat saling berbagi pengetahuan sehingga proses belajar menjadi efektif serta efisien.

  1. Belajar dengan metode praktik

Belajar dengan menghadapi teori secara terus menerus cenderung membuat siswa cepat bosan. Selain itu, mempelajari teori dengan praktik yang minim akan membuat siswa kurang memiliki pengalaman maupun bayangan tentang bagaimana mengaplikasikan ilmu yang didapatkan tersebut. Karena itulah memperbanyak praktik merupakan cara belajar yang efektif dan efisien.

Selain itu, belajar dengan praktik yang menuntut siswa untuk bergerak dan mengaplikasikan ilmunya membuat siswa lebih mudah untuk memahami suatu ilmu. Dengan metode praktik, siswa juga dapat memahami suatu ilmu dengan lebih cepat.

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Belajar dengan memahami

Materi pelajaran yang banyak sering kali menjadi momok bagi siswa sehingga siswa memutuskan untuk menghafalkan materi tersebut. Namun, menghafal bukanlah cara yang tepat untuk belajar karena hafalan akan lebih mudah terlupakan.

Sebaliknya, belajarlah dengan mencoba memahami atau mengerti sesuatu karena ilmu yang didapat dari belajar dengan memahami akan bertahan lebih lama dibanding ilmu yang didapat dari hafalan semata.

Cara belajar yang efektif dan efisien sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah misalnya dengan belajar di lembaga kursus misalnya lembaga kursus mekanik seperti HMMC Surabaya. Di lembaga kursus, metode pembelajaran yang diberikan sebagian besar berupa praktik sehingga umumnya tidak butuh waktu terlalu lama bagi siswa untuk lulus dari lembaga kursus.

Salah satu lembaga kursus bagi Anda yang ingin menjadi mekanik adalah HMMC Surabaya. Lembaga kursus mekanik yang satu ini menyediakan fasilitas yang lengkap mulai dari ruang kursus berAC, peralatan untuk pembelajaran yang lengkap, pengajar yang kompeten dan berpengalaman, hingga fasilitas mess atau penginapan gratis selama 3 bulan bagi peserta didik yang berasal dari luar kota.

Setiap siswa yang belajar di HMMC Surabaya akan dibimbing secara privat oleh satu instruktur sehingga proses pembelajaran lebih nyaman. Metode pengajaran yang diberikan di lembaga kursus HMMC Surabaya sebagian besar adalah praktik sehingga siswa akan lebih cepat mengerti serta memahami materi pengajaran yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *