Setiap wialayah sudah pasti memiliki ibu kota di mana ibu kota tersebut merupakan wilayah dalam suatu daerah yang akn menjadikan pusat pemerintahan daerah tersebut. Tidak menutup kemungkinan pula dengan kota Aceh. Kota yang beribu kota di Banda Aceh ini merupakan ibu kota provinsi Aceh. Pusatnya sebagai kegiatan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Menurut sejarahnya, Banda Aceh adalah salah satu kota tertua di daerah Asia Tenggara, karena sejak zaman penjajahan dari bangsa Portugis dan Belanda saja Aceh ini sudah ada.

Dimana Ibu Kota Aceh

Kota yang terletak di sebuah Provinsi Sumatera Utara ini lokasinya berada di area Masjid Raya Baiturrahman yang menjadi peninggalan bersejaran kerajaan Aceh dan masih digunakan hingga kini.

Geografis Aceh

Selain itu, lokasi ibu kota Aceh yang berada di negara Indonesia ini diperkirakan menetapkan hari ulang tahunnya pada 22 April. Sementara tahun berdirinya adalah tahun 1205 M. Luas wilayah Banda Aceh adalah sekitar 61, 36 km dengan mayoritas penduduknya beragama Islam.

Desa dan Infakstuktur

Untuk bahasa yabg digunakan di daerah Aceh sendiri sangat beragam, di mana bahasa Tamiang, Alas, Kluet, dan Aceh serta bahasa lainnya ada di dalamnya. Terdapat kurang lebih sekitar 90 desa atau kelurahan dan memiliki pelabuhan, seperti Pelabuhan Ulee Leu. Selain itu juga terdapat bandara dengan nama Bandara Sultan Iskandar Muda.

Ciri Khas

Selain mengenai hal itu, tahukah kamu jika Aceh ternyata juga merupakan daerah penghasil kekayaan alam terbesar di wilayah negara Indonesia? Ya, tidak hanya hasil kekayaan alamnya saja. Wilayah Aceh pun dikenal dengan sebutan-sebutan seperti Serambi Mekah, Tanah Rencong dan lainnya. Dengan kepercayaan mistik mengenai rencong, kini rencong pun dijadikan sebagai senjata tradhisional khas daerah Aceh. Selain itu pula Aceh menjadi daerah dengan kewenangan otonomi khusus sera keistimewaan daerahnya. Tidak hanya itu, beragam bahasa dalam satu wilayah Aceh saja memberikan kesa betapa kayanya Indonesia kita.

Itulah sekelumit mengenai ibu kota Aceh.  Semoga bermanfaat dan menambah sedikir informasi tentang wilayah yabg ada di semenanjung barat Indobesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *