Yogyakarta terkenal dengan wisata budaya, sejarah, dan alamnya yang indah. Banyak pantai, air terjun, hingga gua yang bisa kamu kunjungi ketika berkunjung ke daerah istimewa ini. Diantara banyaknya air terjun di kota pesisir ini, inilah 3 air terjun di Jogja yang terkenal dan wajib kamu kunjungi.

 

  1. Air Terjun Kedung Pengilon

Kedung Pengilon adalah air terjun indah yang terletak di daerah Bantul, tepatnya di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan memiliki muara kolam yang besar dalam aliran sungai. Untuk menuju lokasi air terjun, kamu perlu mengambil arah menuju pabrik gula Madukismo di dekat jalan Ringroad Selatan di barat jalan Bantul.

Air terjun ini memiliki kolam yang dalamnya hingga 8 meter, sehingga cukup berbahaya untuk yang tidak mahir berenang. Di sekitar air terjun terdapat sendang kecil yang berisi air dari mata air dan rembesan air yang berasal dari bebatuan. Sendang air ini dimanfaatkan warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Lokasi air terjun Kedung Pengilon sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik dan kemah.

 

  1. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun yang sempat sangat terkenal pada tahun 2015 ini terletak di daerah Kulon Progo, 1 jam dari pusat kota Yogyakarta. Letaknya cukup tersembunyi di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Air terjun Kedung Pedut memiliki keunikan dari warna air terjunnya yang terlihat hijau toska dan putih. Lokasi air terjun Kedung Pedut terletak di antara perbukitan Menoreh sehingga kamu perlu berjalan cukup jauh untuk sampai di lokasi. Namun perjalanan yang panjang dengan berjalan kaki ini takkan begitu terasa karena indahnya pemandangan di sekitar yang sangat hijau menyejukkan mata. Sawah yang terhampar luas dan rute yang melewati Gunung Lanang, Goa Kiskendo, serta Goa Seplawan.

Pesona air terjun ini terletak dari aliran air yang melewati bebatuan yang memadati kolam serta terlihat berundak-undak pada aliran air terjunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *