Ketela pohon atau singkong memiliki rasa yang gurih dan enak jika direbus ataupun digoreng. Hanya saja sekarang ini semakin sulit untuk bisa menemukan singkong dengan kualitas bagus. Kebanyakan singkong yang kita beli tidak empuk dan memiliki rasa pahit.

Agar tidak kecewa karena salah memilih singkong inilah ciri ketela pohon yang bagus.

Ciri Singkong yang Bagus

Warna Kulit Ari

Ciri pertama untuk mengetahui apakah singkong atau ketela pohon itu bagus atau tidak adalah dengan melihat bagian kulitnya. Ketela pohon yang bagus biasanya memiliki kulit yang berwarna merah muda. Kelupas sedikit pada bagian kulit luarnya hingga terlihat kulit ari yang ada di bagian dalam.

Warna Daging Umbi

Mengelupas kulit singkong selain untuk melihat warna kulit arinya juga bisa digunakan untuk mengetahui apa warna daging umbinya. Singkong dengan umbi berwarna kekuningan biasanya lebih enak dibandingkan dengan yang warnanya putih. Anda juga bisa mencongkel sedikit di bagian kulit untuk bisa melihat warna umbinya.

Patahkan Ujungnya

Mengecek apakah singkong berkualitas bagus atau tidak bisa juga dilakukan dengan sedikit mematahkan ujungnya. Jika sudah terdapat warna biru pada umbinya biasanya rasanya akan pahit dan tidak enak.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *