ISO 20121:2012 adalah standar baru yang dikelurakan oleh ISO untuk mendukung semua jenis acara, mulai dari olahraga, bisnis, komersil, budaya, hingga politik. Hal ini sebagai cara untuk mengintegrasikan keberlanjutan dengan kegiatan tersebut.

Standar ini sangat relevan untuk semua anggota rantai pasokan industri acara, termasuk di dalamnya penyelenggara, manajer acara, pembuatan stand, katering hingga pemasok logistik. Yuk langsung saja simak di bawah ini ulasan tentang ISO 20121:2012 selengkapnya.

ISO 20121:2012 untuk Manajemen Event Berkelanjutan

pixabay.com

Apa sih maksud dari isitilah keberlanjutan dalam Manajemen Event Keberlanjutan? Banyak yang masih bingung dalam memaknai arti istilah keberlanjutan sebenarnya. Makna keberlanjutan bukan hanya tentang menjadi lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, namun jauh lebih besar dari itu.

Singkatnya maksud dari keberlanjutan (sustainability) adalah bagaimana suatu organisasi bisa menyelenggarakan kegiatan yang sukses secara komersil. Tidak cukup berhenti pada itu saja, selain suskes secara komersil namun tidak melupakan kontribusi yang harus diberikan kepada masyarakat.

Selain kontribusi yang lebih kuat dan adil kepada masyarakat dalam segi ekonomi, event tersebut juga bisa mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Intinya event tersebut harus memberikan dampak yang baik bagi masyarakat juga lingkungan. Jadi fokus pada masalah lingkungan saja tidak cukup, dengan standar ini organisasi bisa mempertimbangkan masalah finansial, ekonomi dan sosial.

Standar ISO 20121:2012 ini diterbitkan untuk menjamin sistem manajemen keberlanjutan acara yang baik dan relevan dengan kegiatan. Standar ini mengandung pedoman dan persyaratan bahwa event kecil hingga besar semisal Olimpiade harus meninggalkan warisan yang positif.

Acara-acara semisal konferensi, konser musik, acara olahraga, pameran dan festival memang bisa menghadirkan dampak yang positif untuk publik, ekonomi dan lokal. Meskipun begitu, acara-acara tersebut di atas bisa saja menghadirkan dampak yang negatif. Misalnya saja limbah material, konsumsi energi yang berlebihan hingga tekanan pada masyarakat lokal dimana acara tersebut dihelat.

Namun jangan khawatir, dengan ISO 20121:2012, manajemen event berkelanjutan bisa dikelola dengan baik agar hanya mendatangkan manfaat yang baik saja. Standar ini memang berisi dokumen/kerangka kerja yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi dampak-dampak negatif. Mulai dalam bidang ekonomi, sosial dan lingkungan.

Nah, jika sudah teridentifikasi maka selanjutnya dipikirkan cara untuk menghilangkan dampak negatif tersebut atau meminimalisirnya. Selain itu, jika ada manfaat yang positif juga harus digali potensinya sehingga akan menguntungkan dari segi ekonomi, sosial, lingkungan dan budaya.

Dalam istilah yang lebih sederhana, ISO 20121:2012 menjelaskan rancangan sistem menajemen yang akan membantu organisasi mendapatkan dua hal. Pertama adalah untuk menjadi sukses secara komersil/finansial. Sedangkan kedua adalah untuk menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan.

Standar ini berlaku untuk semua jenis acara mulai dari acara lokal hingga event besar seperti Olimpiade. Semua organisasi yang terlibat pada acara-acara tersebut harus bertugas sesuai dengan ISO 20121:2012. Mulai dari katering, teknisi pencahayaan/suara, perusahaan kemanan dan lain-lain. Nah, Sebuah organisasi yang berhasil menerapkan standar tersebut akan mendapatkan sertifikasi.

Manfaat ISO 20121:2012

pixabay.com

Karena ISO 20121:2012 adalah kerangka kerja manajemen bisnis, maka penerapannya bisa mendatangkan manfaat internal bagi sebuah organisasi. Misalnya saja kejelasan tentang tujuan dan strategi bisnis yang mana bisa menghasilkan tenaga kerja yang bersemangat dan selaras dengan tujuan organisasi.

ISO 20121:2012 juga bermanfaat untuk membuat manajemen yang lebih berintegrasi dan sepemikiran. Hal ini akan menghasilkan efisiensi dan kerja tim yang lebih kuat, tentu dengan sikap tersebut acara yang akan diselenggarakan bisa sukses. Secara komersil dan dampaknya yang berkelanjutan.

ISO 20121:2012 juga bisa memberikan sistem manajemen keberlanjutan acara yang prosesnya lebih sederhana. Selain itu juga lebih jelas dan lebih efektif jadi semua pihak yang berada pada organiasi bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Jika dipikir-pikir, Standar ISO 20121:2012 ini bisa sangat berguna untuk organisasi skala kecil. Karena bisa memberikan jaminan kerangka kerja yang lebih kuat untuk menjalankan bisnis, prosedur dan proses standar yang memungkinkan integrasi yang cepat.

Sedangkan untuk masalah sosial, ISO 20121:2012 ini dapat memberikan motivasi bagi karyawan dan meningkatkan hubungan dengan klien. Sedangkan dari segi lingkungan, ISO 20121:2012 bisa menghemat biaya yang berhubungan dengan material, limbah dan energi. Pemakaian emisi karbon bisa dikurangi agar citra organisasi tetap baik sekaligus memperkuat posisinya dalam komunitas.

Demikianlah ulasan tentang ISO 20121:2012 yang berguna untuk menjamin manajemen event berkelanjutan yang tepat. Jika tertarik dan ingin berkonsultasi masalah ISO 20121:2012 satu ini maka bisa langsung saja menghubungi Badan Sertifikasi ISO.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *