PPM atau Public Policy and Management atau lebih sering disebut Manajemen dan Kebijakan Publik merupakan salah satu program studi yang dikembangkan di Universitas Negeri Gadjah Mada. Program yang bergelut di bidang manajemen publik dan kebijakan publik yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat ini menjadi salah satu program studi yang jadi incaran.

Program ini akan mencetak lulusan yang dapat bekerja baik di lembaga pemerintah maupun nonpemerintah. Wilayah kerja yang berada di sekitaran sosial, politik dan ekonomi membuat lulusan lebih fleksibel. Karena meski mereka tidak lolos dalam seleksi lembaga pemerintah, mereka dapat banting setir ke lembaga sosial yang menangani ketiga bidang tersebut.

Kefleksibelan ilmu ini tidak membuatnya mudah untuk ditempuh. Dasar teori yang kuat perlu didukung pengetahuan yang luas dan up to date. Tak hanya pengetahuan soal akademis, tetapi juga berbagai berita terbaru yang dari dalam maupun luar negeri. Karena pengetahuan ini berhubungan erat dengan program studi ini.

Meski terlihat mudah dan menyenangkan, tanggungan skill yang harus dimilikidiam-diam bisa cukup jadi tantangan tersendiri. Tantangan ini sesuai dengan jumlah peminat yang tidak pernah berkurang. Keketatan dari peminat yang melonjak di jalur regular juga terjadi di jalur internasional atau Internasional Undergraduated Program (IUP).

Program Manajemen dan Kegiatan Publik ini juga menawarkan program internasional atau IUP PPM UGM. Persaingan yang tak kalah ketat juga terjadi di jalur internasional. Prospek kerja dari Manajemen dan Kegiatan Publik yang menggiurkan menjadi alasan utama tingginya peminat program studi ini.

pxhere.com

Prospek Kerja Lulusan PPM UGM

Lulusan Manajemen dan Kegiatan Publik dapat bekerja di bidang nonpemerintah seperti lembaga sosial. Lembaga sosial ini tak hanya menangani pemberdayaan masyarakat sekitar atau Indonesia saja tetapi juga di negara lain. Era sekarang ini membuat semakin banyak munculnya lembaga sosial internasional.

Lembaga-lembaga tersebut bergerak di beberapa negara yang memiliki masalah di bidang sosial, ekonomi dan politik. Lembaga ini dapat dijadikan tujuan dari lulusan Manajemen dan Kegiatan Publik untuk berkarir kedepannya dan menjadi salah satu alasan tingginya peminat program studi ini.

Penerimaan jalur Internasional Undergraduated Program dilakukan dengan serangkaian tes yang dilakukan sebelum dimulainya ujian jalur regular. Hal ini sesuai dengan nama dari program tersebut. Selain itu rangkaian tes yang dilakukan juga cukup banyak sehingga memerlukan waktu lebih, belum lagi 3 gelombang tes yang buka tiap tahunnya.

Rangkaian tes ini terdiri dari tes potensial akademik atau Gadjah Mada Scholastic Test (GMST), tes Bahasa Inggris (TOEFL dan IELTS), Leadership Grup Discussion, dan wawancara. Rangakaian tes yang berskala internasional dan materi yang luas ini disajikan untuk menyeleksi mahasiswa yang berkualitas dari seluruh penjuru dunia.

Sesuai dengan tujuan diadakannya program internasional ini, maka seluruh kegiatan perkuliahan juga menggunakan Bahasa Inggris serta sering mengundang dosen tamu dari luar negeri.Untuk itu, rangkaian tes tersebut dibuat dan disesuaikan dengan standar internasional.

pxhere.com

Program IUD ini juga mewajibkan mahasiswanya untuk mengambil double degree program di universitas luar negeri yang bekerja sama dengan UGM sehingga saat lulus nanti mereka mendapatkan 2 gelar sekaligus. Oleh sebab itu, sebagian masa studi mahasiswa akan digunakan untuk belajar di luar negeri.

Tak hanya berkewajiban untuk belajar di luar negeri, mahasiswa juga wajib mengikuti event internasional. Hal ini merupakan salah satu bukti keaktifan mahasiswa terhadap kegiatan di dunia internasional. Kegiatan itu dapat berupa pertukaran mahasiswa, maupun konferensi yang bertingkat internasional.

Meski demikian, program IUD ini diperuntukkan bagi semua mahasiswa yang berminat untuk mengikuti kelas internasional, baik itu WNI maupun WNA. Tentu saja hal itu dengan syarat lulusmengikuti tes masuk yang cukup berat. Namun dengan beragam kelebihannya tersebut, program IUD untuk program studi PPM ini patut digandrungi banyak orang.

Untuk berhasil lolos program IUP PPM UGM, diperlukan persiapan yang tak main-main. Belum lagi jika melihat materi serta kualifikasi yang diminta, ditambah lagi dengan saingan yang muncul dari berbagai belahan bumi. Namun jangankeder dulu karena Anda bisa mencoba dengan mulai mengikuti bimbel IUP PPM UGM.

Dengan mengikuti bimbel khusus untuk program IUP, kemungkinan Anda lolos akan lebih besar. Kemungkinan ini disebabkan oleh spesifikasi materi yang dipelajari. Ketika Anda mengikuti bimbel khusus seperti ini, maka soal dan materi akan digali dari soal-soal tahun-tahun sebelumnya. Anda juga akan mendapatkan tips dan trik untuk menjawab jenis soal tertentu.

Tak hanya untuk menjawab soal ujian masuk saja, tetapi hasil dari bimbel IUP PPM UGM dapat digunakan secara berkelanjutan. Hal ini penting, mengingat standar yang digunakan dalam perkuliahan IUP merupakan standar internasional serta berbagai tuntutan yang perlu dilakukan semasa kuliah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *