Lovebird atau burung cinta menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak digandrungi oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Memiliki beberapa varian warna dengan perpaduan yang epik, tentu membuat siapa saja yang melihatnya tak kuasa untuk segera memilikinya. Namun, tahukah Anda bahwa burung tersebut memiliki beberapa varian warna yang tentunya juga berimbas pada harga dari seekor burung lucu tersebut. Termasuk ke dalam spesies jenis genus Agapornis, burung tersebut dapat Anda temui di beberapa negara. Berikut akan kami sajikan beberapa jenis burung lovebird yang sangat digemari oleh masyarakat.

Mengenal Jenis Burung Lovebird Termahal

Warna burung lovebird menjadi daya pikat tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Disamping kicauan burung tersebut yang indah, nyatanya warna dari burung tersebutlah yang semakin menjadikan burung tersebut primadona bagi pecintanya. Jika Anda hanya mengenal lovebird dengan warna yang didominasi hijau atau oranye, berikut terdapat jenis burung lovebird dengan perpaduan warna yang epik dan memiliki nilai nominal yang fantastis. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk memelihara burung cantik tersebut, ada baiknya untuk mempelajari cara ternak lovebird dengan saksama, sekaligus memilih jenis burung lovebord yang terbaik seperti penjelasan berikut ini.

pxhere.com

1.      Lovebird Jenis Biola Blue

Umumnya, lovebird akan didominasi oleh warna hijau di sekujur tubuhnya. Namun siapa sangka, jika terdapat spesies langka yang berwarna biru berpadu denagn warna putih dan abu-abu di bagian kepalanya. Mata burung tersebut berwanr putih layaknya memakai sebuah kacamata, sedangkan paruh burung tersebut berwarna gading yang semakin menunjukkan anggunnya burung tersebut. Lovebird jenis ini termasuk langka karena memang jarang ditemui warna yang serupa, maka tak heran jika harga yang ditawarkan cukup fantastis, yakni sekitar 40 juta untuk satu ekor burung lovebird tersebut.

2.      Lovebird Jenis Halfsider

Tidak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, lovebird halfsider memiliki harga yang cukup fantastis pula. Meski tidak sefantastis jenis pertama, namun harga yang dipatok untuk jenis ini bisa mencapai 20 kali lipat harga burung lovebird pada umumnya. Perlu Anda ketahui, mahalnya burung tersebut diakibatkan karena burung ini termasuk dalam kategori langka dan sulit untuk dikembangbiakkan. Selain itu, kombinasi warna dari burung ini juga menjadi alasan mengapaharga yang ditawarkan sangat fantastis. Jika diamati dari samping, warna burung ini lebih didominasi oleh warna putih dan kuning, meski terdapat warna lainnya seperti biru di bagian ekornya. Apabila dilihat lebih detail dari arah samping, Anda akan berpikir bahwa terdapat dua burung dalam satu sangkar tersebut. Hal ini dikarenakan perpaduan warna burung tersebut seolah benar-benar menyatu sehingga menampilkan kesan yang menarik.

pxhere.com

3.      Jenis Lovebird Albino

Tidak hanya manusia yang bisa mengalami albino, nyatanya hewan pun bisa bahkan malah menjadi daya tarik tersendiri. Seperti halnya untuk burung lovebird ini. Burung lovebird dengan gangguan albino, memiliki warna putih bersih di sekujur tubuhnya. Meski demikian, justru hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri baginya. Burung tersebut banyak diburu oleh pecintanya karena terkesan bersih dan indah, terlebih warna paruhnya berwarna gading semakin menampilkan kesan cantik dan anggun. Burung ini biasanya dijual dengan kisaran harga Rp 500.000 hingga Rp 750.000 untuk jenis lovebird albino mata hitam, dan Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 tiap ekornya untuk lovebird albino mata merah.

4.      Lovebird Violet

Tak kalah cantik dengan jenis sebelumnya, terdapat jenis lainnya yakni lovebird violet. Lovebird jenis ini memiliki warna keunguan atau violet yang diakibatkan adanya mutasi warna dari indukannya. Warna violet tersebut terdapat pada bagian sayap denagn ujungnya berwarna hitam. Selain itu, terdapat kombinasi warna putih pada bagian perut, hitam pada bagian kepala, dan warna putih pucat atau oranye pada paruh burung tersebut. Burung jenis ini bahkan saat ini sudah ada jenis varian lainnya yakni pastel violet yang semakin menambah anggunnya burung tersebut. Anda dapat memiliki burung jenis ini dengan membayar seharga Rp 400.000 hingga Rp 800.000 per ekor tergantung dengan jenis kelamin dan usia dari burung tersebut.

pxhere.com

Teknik Mengetahui Jenis Kelamin Burung Lovebird

Terdapat beberapa macam cara untuk mengetahui jenis kelamin burung lovebird. Namun, dari sekian banyaknya cara tersebut, terdapat dua teknik cepatyang dapat Anda lakukan, yakni (1) Anda dapat melihat ukuran tubuh lovebird. Lovebird betina memiliki bentuk tubuh yang lebih besar daripada jantan. Disamping itu, lovebird betina bentuknya melengkung, sedangkan lovebird jantan lebih cepak; (2) Anda dapat melihat perbedaan jenis kelamin burung tersebut dari cara bertenggernya. Untuk betina, mereka akan terlihat lebih pendek ketika bertengger karena rentangan kaki yang digunakan untuk berpijak lebih lebar. Berbeda denagn pejantan yang terlihat lebih tinggi karena tidak terlalu lebar ketika merentangkan kakinya.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai jenis burung lovebird. Sudahkah Anda menentukan pilihan jenis dan warna lovebird? Jika sudah silakan Anda menambah wawasannya dengan mempelajari cara ternak lovebird dengan baik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *