Hobi berenang merupakan hobi yang mengasyikkan. Namun Anda juga harus memahami peralatan yang diperlukan dalam berenang agar hobi anda jadi jauh lebih menarik dan asik. Peralatan berenang yang lengkap dapat menunjang aktivitas berenang Anda agar lebih baik lagi. Lalu apa saja peralatan yang kita butuhkan untuk berenang?

1. Baju renang atau celana renang

Memang terdengar sepele, akan tetapi ternyata baju renang merupakan peralatan utama yang sangat membantu anda melakukan aktivitas renang. Baju dan celana renang memang didepan khusus untuk memudahkan anda dalam berenang. Bahan yang digunakan untuk merancangnya terbuat dari bahan yang minim menyerap air. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan anda saat memakainya. Dengan menggunakan baju renang ini, Anda juga lebih mudah dalam bergerak dan tidak berat seperti layaknya berenang menggunakan kaos biasa.

Dalam memilih baju dan celana renang, pastikan ukuran yang digunakan pas dengan tubuh. Karena hal ini sangat mempengaruhi kualitas renang anda jika menggunakan baju renang uang terlalu kecil atau terlalu besar. Dalam memilih baju renang tidak seperti memilih baju biasa. Anda harus benar benar memilih yang pas di pinggang dan lekuk tubuh. Sebab jika terlalu besar akan membuat baju tersebut bergoyang layaknya ingin lepas. Hal ini tentu saja sangat mengganggu kenyamanan and a.

2. Kacamata renang

Kaca mata renang merupakan perlatan yang cukup penting dalam melakukan aktivitas renang. Kaca mata renang berguna untuk menghalangi air kolam yang mengandung klorin. Klorin merupakan zat yang mengakibatkan perih di mata. Selain untuk menghindari klorin, kaca mata renang juga memudahkan Anda untuk melihat di dalam air. Anda bisa menggunakan kaca mata yang pas mengikat ke mata agar lubang kecil tidak tercipta. Karena lubang kecil ini bisa jadi jalan masuk klorin ke mata yang mengakibatkan perih.

3. Topi renang

Topi renang sangat membantu anda dalam bergerak di air. Topi renang yang baik biasanya berbahan latex. Saat anda berenang dengan menggunakan topi renang maka mampu mengurangi paparan klorin ke rambut anda yang membuat rambut anda jadi rusak. Akan tetapi tujuan utama menggunakan topi renang adalah memudahkan anda dalam bergerak, terutama anda yang berambut panjang. Rambut memiliki sifat menyerap air. Apabila rambut dibiarkan terurai maka rambut menjadi berat dan mengganggu kita dalam bergerak. Dengan menggunakan topi renang Air yang melewati kepala Anda akan dialihkan karena bahan topi ini licin. Selain itu dengan topi renang rambut anda yang panjang tidak akan mengganggu pandangan. Bahkan apabila rambut tersebut sudah dikuncir. Namun lama kelamaan akan keluar dari ikatannya dan mulai mengganggu muka anda.

4. Kickboard atau pelampung berenang

Pelampung berenang atau kickboard adalah perlatan berenang yang biasanya terbuat dari busa atau plastik yang bisa mengapung. Tujuan dari pelampung adalah untuk latihan pergerakan kaki. Cara penggunaan dari pelampung ini adalah untuk membantunya mengapung dan melakukan pergerakan renang menggunakan kaki. Posisikan pelampung dengan memegangnya di depan dada. Saat anda mulai mengapung anda bisa mulia menggerakan badan dengan kaki.Pelampung mampu melatih otot-otot kaki Anda karena saat berenang menggunakan pelampung kaki Anda akan bekerja ekstra.

5. Pull buoys

Sama seperti pelampung yang prinsipnya memudahkan perenang dalam mengapung namun bedanya, jika kickboard digunakan di tangan maka pull buoys digunakan untuk kaki. Biasanya pull buoys diposisikan di selangkangan atau di antara dua kaki dengan cara dijepitkan antara keduanya. Kaki harus rapat ketika menggunakan pull buoys dengan begitu kaki tidak bisa digerakkan. Nah dengan begitu saatnya tangan yang mengambil alih pergerakan untuk berenang. Pull buoys sangat cocok bagi anda uang ingin melatih kekuatan tangan ataupun membentuk tubuh bagian atas.

6. Fins atau kaki katak

Perlatan ini sangat berguna bagi anda yang ingin bergerak lebih cepat saat berenang. Alat ini biasanya digunakan untuk menjelajah lautan atau senorkeling. Dengan kaki katak, tendangan yang dikeluarkan akan mendorong tubuh Anda jadi lebih jauh ke depan. Sehingga akan menghemat tenaga anda. Namun untuk sekali tendangan apabila kita menggunakan fins cukuplah berat walau resultan yang dihasilkan cukup besar. Kaki katak dikenakan layaknya sepatu yaitu digunakan di peegelangan kaki namun bedanya. Kaki katak ini memiliki bentuk ujung yang panjang dan melebar.

7. Ban

Ban merupakan perlatan yang berguna untuk membantu mengenalkan diri dengan medan air. Ban biasanya digunakan oleh para pemula yang ingin mencoba bergerak di air. Ban yang digunakan di pinggang ini membantu tubuh untuk mengapung dia air. Keberadaan ban juga sangatlah penting untuk menolong seseorang yang ingin tenggelam.

8. Hand Paddle

Hand paddle merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memudahkan pergerakan tangan. Seperti namanya, hand paddle digunakan di tangan. Biasanya hand paddle digunakan oleh anak anak uang ingin belajar berenang untuk melatih kekuatan tangan ketika berenang. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan memasukkan hand paddle pada telapak tangan dengan begitu akan memudahkan kita dalam mengayuh air khususnya untuk renang gaya bebas. Hand Paddle biasanya digunakan oleh para pemula yang ingin belajar berenang. Dengan berpegangan di tangga kolam anda bisa mulai belajar mengapung. Pastikan kolam anda telah dilengkapi dengan tangga atau pegangan dari segi konstruksi kolam renangnya.

Selain kalian yang hobi berenang membutuhkan beberapa peralatan berenang diatas, saat membuat kolam renang dengan standar yang aman, Kalian harus mencari Kontraktor kolam renang terbaik agar kolam renang dibuat dengan baik dan aman digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *