Benih Cabai adalah salah satu bakal atau calon biji yang akan ditanam supaya berubah menjadi bentuk pohon, tumbuh besar dan kembaki berbuah. Hasil dari cabai yang berkualitas tidak hanya berasal dari cara bertanam saja, melainkan juga dari cara pemilihan benihnya yang bagus.

1) Jenis Benih Cabai

Sebelum melakukan penanaman pohon cabai, perlu diketahui dulu bakal benihnya yang terbagi menjadi dua jenis benih, yakni benih Open Pollinated atau biasa disebut OP adalah venih yang memungkunkan terdapat adanya beberapa kekurangan dan merupakan produk lokal. Sementara jenis benih yang kedua adalah hibrida, yakni benih cabai yang dihasilkan dari proses persilangan dua induk yang berbeda dan berkualitas serta memungkinkan adanya proses pemuliaan.

2) Membuat Benih Tanaman Cabai

Pada bakal calon benih cabai, setiap petani tidak melulu harus membelinya melainkan bisa pula membuatnya sendiri. Beberapa labgkah hang perlu diperhatikan dalam membuat benih secara mandiri adalah:

– Pemilihan tanaman, sebelum menanam benih cabai, perlu dipahami lebih dulu bahwa petani perlu mencari benih atau bijinya dengan cara memerhatikan tanaman cabai tersebut. Dimana, tanaman yang digunakan untuk benih adalah tanaman cabai induk. Pemilihan tanaman pun perlu diperhatikan, di mana apabila tanaman memiliku kualitas sehat, baik dan tidak berpenyakit maka patut dijadikan sebagai benih atau bakal calin bibit.

– Pengambilan biji, Langkah ini dilakukan apabila sudah ditemukan tanaman induk yang baik. Setelah itu, petiklah salah satu buahnya, ambil bijinya, jemur di bawah teriknya panas matahari sehingga biji buah cabai menjadi kering.

-Pemilihan Biji yang baik, hal ini dilakukan setelah prises pengambilan dan pengeringa biji di bawah sinar mentari. Cara pebteleksian biji cabai ini sangat mudah, hanya lerlu siapkan wadah berisi air lalu masukan biji cabai kering ke dalamnya. Aduk wadah berisi air tersebut lalu diamkan hingga semalam. Akan dijumpai beberapa biji cabai kering yang tenggelam atau mengapung, maka biji cabai hang tenggelam adalah biji yang baik untuk ditanam.

3) Pertimbangan dalam Memilih Benih Cabai

Benih cabai yang digunakan adalah benih cabai yang seragam serta pad masa tanamannya tumbuh secara subur. Pilihkan atau pisahkan dari benih cabai yang verjamur atau mengapung setelah diendapkan selama semalaman di dalam wadah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *