Banyak cara dapat dilakukan untuk menjual botol plastik. Limbah botol plastik merupakan limbah yang paling sulit diuraikan. Apalagi saat ini semakin marak perusahaan air minum kemasan yang berdiri.

Pemerintah dan berbagai aktivis lingkungan juga semakin gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan botol plastik. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penumpukan sampah botol plastik adalah dengan menjual botol plastik. Adapaun cara yang bisa dilakukan untukĀ  menjual botol plastik adalah sebagai di bawah ini.

Tips Jual Botol Plastik

Mendaur Ulang Botol Plastik

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menjual botol plastik bekas adalah dengan mendaur ulangnya menjadi berbagai kerajinan. Mengubah botol plastik bekas menjadi berbagai kerjaninan yang cantik tentu akan membuat pundi-pundi uang yang dihasilkan jauh lebih banyak.

Kalian dapat mengubah botol maupun gelas minuman plastik bekas menjadi bunga-bunga yang cantik. Saat sudah banyak bunga hias yang dijual di pasaran yang bahan dasarnya adalah botol dan gelas minuman plastik bekas. Tidak hanya mengurangi pencemaran lingkungan, cara ini juga bisa mempercantik lingkungan.

Selain bunga, kalian juga membuat berbagai hiasan dari tutup botol maupun botol bekas itu sendiri. Cara ini tentunya membutuhkan kekreatifan untuk menghasilkan kerajinan yang indah dan berharga tinggi.

pxhere.com

Mengubah Botol Bekas Menjadi Benda Berguna

Tidak hanya kerajinan yang dapat memperindah hunian maupun lingkungan. Botol plastik bekas juga dapat diubah menjadi benda yang berguna, seperti sapu dan tempat lampu. Botol plastik bekas berukuran besar dapat dimanfaatkan menjadi sapu yang bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Cara untuk membuatnya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu mengumpulkan beberapa botol plastik dengan ukuran yang sama. Selanjutnya buat gagang sapu dari kayu atau bambu. Gunakan lem dan gunting untuk menempelkan botol serta membuat helai-helai sapu dari botol bekas.

Selain berguna, harga dari botol plastik bekas juga jauh lebih mahal. Tidak hanya sapu, botol bekas juga dapat diubah menjadi benda berguna lainnya, yaitu tempat lampu. Tempat lampu yang cantik akan membuat hunian menjadi lebih nyaman. Selain itu, menjual tempat lampu yang terbuat dari botol plastik bekas akan memiliki nilai yang lebih tinggi. Tidak hanya harganya tetapi juga manfaatnya.

pixabay.com

Membuka Usaha Penggilingan Botol Bekas

Cara lain yang bisa digunakan untuk menjual sampah dari botol plastik bekas adalah dengan membuka penggilingan botol bekas. Usaha penggilan bekas akan membeli botol-botol plastik dari pengepul dan mengubahnya menjadi bijih plastik. Saat ini banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan bijih plastik sebagai salah satu bahannya.

Saat ini sudah banyak perusahaan lokal yang membuat mesin penggiling plastik dengan harga murah. Melihat banyak jumlah sampah botol plastik akan semakin menguntungkan bisnis ini. Sayangnya untuk mendapatkan harga yang paling sesuai dari pengepul, kalian harus memiliki hubungan yang baik. Hal disebabkan banyak usaha jenis ini gulung tikar karena tidak adanya hubungan baik dengan pengepul.

Tidak hanya mendapatkan keuntungan yang melimpah, usaha ini juga dapat membantu mengurangi banyaknya sampah botol plastik yang mencemari lingkungan. Seperti yang diketahui plastik merupakan salah satu sampah yang sulit untuk diuraikan. Jadi mengubah botol plastik menjadi bijih plastik yang akan didaur ulang kembali dapat menjadi salah satu cara mengurangi efek buruknya.

pxhere.com

Tips Mengurangi Penggunaan Botol Plastik

Meski sampah sisa botol plastik dapat memberikan keuntungan jika diolah dengan benar. Mengurangi penggunaan botol plastik jauh lebih baik. Adapun cara yang bisa digunakan untuk mengurangi penggunaan botol plastik adalah dengan mengganti botol plastik menggunakan botol bening.

Tidak sedikit orang yang masih banyak menggunakan botol plastik sebagai wadah, khususnya air kemasan. Air minum dalam kemasan yang banyak diperjualbelikan di pasaran membuat sampah botol plastik semakin meningkat. Ditambah dengan berbagai produk yang lebih banyak menggunakan botol plastik sebagai kemasannya.

Cara yang dapat digunakan untuk mengurangi kebiasaan ini adalah dengan mengganti botol plastik dengan botol kaca. Kalian bisa membeli produk yang bisa direffil sehingga tidak perlu mengonta-ganti botol yang digunakan. Selain itu cara lain yang bisa digunakan untuk mengurangi konsumsi AMDK adalah dengan membawa air minum dari rumah.

Itulah beberapa cara mudah jual botol plastik bekas. Botol plastik sampai saat ini menjadi masalah yang sulit dipecahkan. Akan tetapi dengan sedikit usaha, maka penggunaan botol plastik akan berkurang dan tentunya memberi keuntungan lebih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *