Harus diakui bahwa bisnis fashion masih menjadi salah satu kategori bisnis paling mudah dan terjangkau untuk dirintis. Aneka jenis pakaian dan aksesoris masih menunjukkan tingkat permintaan yang signifikan, tak terkecuali untuk item fashion tradisional khas Indonesia, batik.

Pilihan tepat jika Anda berminat jualan baju batik yang sudah merambah pasar internasional ini. Ya, sudah banyak konsumen mancanegara yang meminati batik mulai dari kalangan pejabat negara, pelancong hingga publik figur.

Peluang di Balik Bisnis Fashion Batik

pixabay.com

Sudah banyak pedagang yang berhasil memuaskan pelanggan mancanegara mereka dengan berbagai produk batik seperti kemeja dan sebagainya. Batik bahkan sudah masuk ke dalam kategori industri fashion yang produknya diminati berbagai kalangan, mulai dari kelas menengah hingga kelas atas.

Bahkan peminat batik juga sudah tak terbatas pada usia paruh baya untuk pakaian formal saja, tetapi juga kalangan muda.

Kelebihan tersebut, berhasil membuat banyak pegiat bisnis yang menjajal peruntungan ke bisnis jualan pakaian batik dan mengalihkan usahanya ke industri mode yang satu ini.

Inilah yang kemudian membuat kompetisi diantara para pelaku menjadi semakin sengit. Beberapa alasan lain yang juga membuat fashion batik semakin ditekuni adalah varian rentang harga yang beragam, dengan segmentasi pasar yang lebih luas dan kata kunci produk yang lebih spesifik.

Tips Berjualan Batik bagi Pemula

pixabay.com

Setelah membaca tentang sekilas peluang bisnis fashion batik di atas, mungkin Anda berminat untuk mengetahui beberapa tips yang mungkin berguna apabila Anda ingin memulai berdagang pakaian batik ini. Kita mulai secara spesifik dari item batik itu sendiri;

Miliki Pengetahuan tentang Jenis Batik

Pasti Anda sudah tahu bahwa ada begitu banyak jenis motif batik yang ada di Tanah Air. benar sekali, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa dimana masing-masing daerah penghasil batik seakan memiliki motif yang menjadi ciri khas mereka.

Dan pengetahuan tentang macam-macam jenis batik ini juga perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Mengapa perlu? Tentunya Anda tak ingin terlihat sebagai penjual abal-abal yang tidak bisa menjawab seputar pertanyaan konsumen tentang batik bukan?

Tentukan Target Pasar

Sama halnya dengan macam bisnis lain, usaha Anda juga harus memiliki target konsumen yang jelas. Tanpa menentukan kepada siapa Anda akan menjual batik tersebut, jualan Anda bagaikan melempar jala ke tengah samudera yang dalam tanpa tahu apa yang akan Anda angkat.

Memiliki target yang jelas akan memudahkan Anda untuk menentukan produk batik macam apa saja yang akan Anda sediakan, berikut motif dan bagaimana cara promosi yang efektif.

Utamakan Kualitas Barang

pixabay.com

Ada kalanya bisnis Anda harus memilih antara kualitas dan kuantitas. Namun untuk bisnis yang satu ini, sangat disarankan untuk lebih mengutamakan kualitas. Sekali saja konsumen kecewa pada produk batik yang Anda jual, maka reputasi bisnis Anda bisa jadi taruhannya di era digital ini.

Untuk itu, pastikan supplier batik Anda benar-benar pabrik batik terpercaya dan profesional dengan harga yang sepadan dan ketersediaan stok yang terjamin. Ingat bahwa kelak Anda tak hanya akan menjual produk batik ke pasar lokal nasional saja tetapi hingga ke pasar internasional.

Susun Strategi Marketing dan Terapkan

Apalah artinya produk murah dan berkualitas jika tidak dipasarkan dengan optimal? Marketing akan membuat dagangan Anda lebih mudah didengar dan diketahui pasar sehingga peluang penjualannya menjadi jauh lebih tinggi.

Tanpa marketing, jarang ada orang yang secara tiba-tiba langsung datang ke toko Anda untuk membeli kemeja batik lengan panjang. Bahkan mustahil tanpa Anda mengiklankan produk tersebut. Manfaatkan media sosial, platform e-commerce dan sebagainya sesuai dengan dimana tempat target pasar Anda berada agar lebih efektif.

Estimasi Modal yang Ideal

Jelas, tanpa modal, usaha jualan baju batik yang Anda rintis akan sangat terbatas atau bahkan mustahil. Untuk itu, siapkan modal sesuai dengan rencana bisnis saat ini hingga jangka panjang. Anda bisa membuat perencanaan keuangan bisnis untuk 3 tahun ke depan agar Anda bisa mendapatkan estimasi berapa jumlah modal yang sesuai untuk ditanam pada bisnis ini.

Meskipun bisnis ini cenderung fleksibel soal modal, besaran modal akan sangat dipengaruhi oleh operasional usaha, harga dari supplier, lokasi jualan serta promosi.

Masing-masing pos ini akan menghasilkan estimasi angka modal yang bisa dihitung dan menghindarkan risiko merugi karena mengalokasikan modal terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Pertimbangan Lokasi

Masih sama dengan jenis usaha lain, lokasi yang strategis juga bisa menentukan kesuksesan suatu bisnis. Lokasi ini bisa berupa toko fisik maupun toko online. Pastikan tempat Anda berjualan mudah ditemukan oleh calon konsumen atau orang yang berminat dengan batik. Dengan demikian peluang toko Anda dikunjungi akan lebih tinggi.

Selain halnya tempat yang dekat dengan keramaian dan wisata, Anda juga bisa membuka toko di pusat perbelanjaan dan lainya yang menurut Anda menjadi tempat berkumpulnya orang yang berpotensi membeli.

Jika berbasis online, manfaatkanlah platform website bisnis toko online ataupun berbagai e-commerce populer yang banyak digunakan oleh calon konsumen Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa coba Anda terapkan jika sudah bulat ingin ikut mempopulerkan kebudayaan Indonesia melalui berbagai produk fashion kekinian. Dengan pertimbangan dan kiat yang tepat, bukan tidak mungkin Anda bisa menghasilkan jutaan rupiah tiap harinya dari berjualan batik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *