Anda pasti tidak asing lagi dengan buah kurma. Buah satu ini memang sangat populer dan banyak diminati. Kurma sendiri berasal dari kawasan timur tengah, namun kini juga dibudidaya diberbagai negara, baik di negara eropa, amerika, maupun negara negara asia seperti thailand, malaysia dan Indonesia.

Di tanah air, buah kurma banyak disukai masyarakat lantaran memiliki banyak keistimewaan. Selain rasanya manis dan lezat, kandungan yang ada didalam kurma juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, dapat menyehatkan dan menyembuhkan penyakit.

Buah yang identik dengan bulan ramadhan ini sering dijadikan takjil ketika buka puasa atau juga disantap saat sahur. Buah kurma terdiri dari berbagai jenis yang bisa anda temukan diberbagai toko di Indonesia.

Buah satu ini bisa diolah menjadi berbagai kreasi makanan, mulai dari kue, sirup, puding dan lain lain.

Anda juga bisa mengolah buah kurma menjadi jus, dijamin pasti enak dan berkhasiat. Sebelum mengolahnya kalian bisa mencari toko jual kurma online atau offline untuk mendapatkan kurma yang berkualitas. Lalu, apa saja manfaat jus kurma bagi kesehatan?

pixabay.com

1. Jus  Kurma Punya Banyak Gizi

Buah kurma kaya gizi, didalamnya mengandung nutrisi dan vitaman yang dibutuhkan tubuh. Antara lain, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin c, kalsium, zat besi, folat, fosfor, folat, thiamine, niasin, ribovlafin dan magnesium.

Agar lebih nikmat, cobalah membuat jus kurma, pasti rasanya lezat dan nikmat, jus kurma juga makin sehat karena ditambahkan susu segar didalamnya.

2. Sumber Tenaga

Mengonsumsi jus kurma dapat menambah energi.

Kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa didalam kurma, dapat memulihkan dan meningkatkan energi anda. Apalagi ketika bulan puasa, yang mengharuskan menahan lapar dan haus.

Mengonsumsi jus kurma saat sahur, akan memberikan energi yang cukup selama anda berpuasa. Jika mengonsumsi jus kurma ketika berbuka puasa, akan memulihkan energi yang hilang selama berpuasa.

3. Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

Jus kurma memiliki kandungan mangan, kalsium, magnesium dan tembaga yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Zat mineral ini memang zat yang dibutuhkan gigi dan tulang untuk menjaga fungsi keduanya agar tetap normal.

4. Melawan Kolesterol

Jus kurma dapat mencegah dan melawan kolesterol jahat yang menumpuk ditubuh berkat berbagai kandungan serat di dalam buah kurma. Dengan demikian, jus kurma dapat mencegah berbagai penyakit akibat kolesterol berlebih seperti stroke dan penyakit jantung.

5. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Mengonsumsi jus kurma secara rutin dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti susah BAB dan dapat melancarkan kinerja usus sehingga sistem eksresi berfungsi dengan baik.

6. Merawat Rambut

Salah satu cara merawat rambut agar sehat dan terawat yaitu dengan mengonsumsi jus kurma. Kandungan folat dan besi didalam kurma, memang dibutuhkan agar foikel pada rambut bekerja dengan baik, sehingga rambut tampak bersih terawat.

7. Merawat Kesehatan Mata

Jus kurma juga bisa menjaga kesehatan mata. Hal ini lantaran  buah kurma memiliki kandungan vitamin A yang memang vitamin untuk mata. Selain itu, kurma juga mengandung senyawa zeanxanthin, fungsi senyawa ini melindungi mata dari degenerasi makula.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan kandungan vitamin  C didalmnya, jus kurma dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C merupakan vitamin yang menghasilkan antioksidan mencegah rusak ya sel sel kulit dan meningkatkan koleagen, sehingga kulit lebih segar, kencang dan tanpa kerutan.

9. Mencegah Anemia

Jus kurma dapat membantu mencegah anemia lantaran kandungan didalam buah kurma memiliki zat besi yang berfungsi meningkatkan produksi hemogloblin pada darah. Hemoglobin juga berfungsi menghantarkan oksigen ke seluruh tubuh, sehungga organ berfungsi dengan baik.

10. Menaikkan Berat Badan

Jus kurma juga bisa membantu menambah berat badan. Ini lantaran buah kurma mengandung karbohidrat. Jika anda ingin berat badan anda bertambah, bisa mencoba mengonsumsi jus kurma secara rutin.

11. Nutrisi bagi Ibu Menyusui

Selain bisa membantu menambah berat badan, jus kurma juga bisa memperlancar asi bagi ibu menyusui dan menambah energi. Untuk mengonsumsinya secara tepat, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

12. Mencegah Kanker

Manfaat lain dari jus kurma yakni dapat mencegah penyakit kanker. Ini berkat kandungan antioksidan pada buah kurma yang dapat melawan serangan radikal bebas, yang disebabkan rusaknya sel tubuh yang mengakibatkan sel kanker.

Cara Membuat Jus Kurma

pixabay.com

Setelah anda mengetahui berbagai manfaat jus jurma untuk kesehatan, kini anda bisa membuatnya. Cara membuatnya juga gampang seperti membuat jus lain. Langkah pertama, sediakan bahanya yakni 7 buah kurma, 200 ml susu dan es batu.

Kemudian rendam buah kurma selama 24. Pastikan bijinya sudah dibuang ya. Setelah itu, masukan kurma yang sudah direndam, es batu, susu dan masukan juga sedikit air ke blender. Lalu blender semua bahan yang telah disiapkan tadi sampai halus. Jika sudah dihaluskan tuangkan ke dalam gelas atau wadah saji lalu disajikan. Terakhir nikmati jus kurma dalam kondisi dingin agar lebih nikmat.

Nah itulah tadi cara membuat jus kurma. Ternyata, jus kurma selain lezat, juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi jus kurma. Namun sebelum membeli kurma untuk membuat jus, anda harus hati hati ya karena saat ini banyak kurma palsu.

Pastikan membeli kurma berkualitas. Anda bisa membelinya di pasarkurma.com, disana jual kurma lengkap menyediakan berbagai jenis kurma kebutuhan anda dan tentu saja, dijamin kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *