Kabupaten Trenggalek berada di pesisir pantai selatan propinsi Jawa Timur, ibukotanya berada di Kecamatan Trenggalek. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Pacitan di sebelah barat. Dengan Kabupaten Ponorogo di sebelah utara. Disebelah timur berbatasan dengan kabupaten Tulungagung dan berbatasan dengan samudera Hindia di selatan.

Tentang Kabupaten Trenggalek

Geografis dan Administratif

Sebagian besar wilayah Trenggalek berupa tanah pegunungan dan sisanya dataran rendah. Luas wilayah kabupaten ini yakni 126.140 Ha dan terdiri dari 157 Desa dan 14 Kecamatan. Meliputi Kecamatan Panggul, Kecamatan Bendungan, Kecamatan Munjungan, Kecamatan Pogalan dan Kecamatan Pula.

Selain itu, yakni Kecamatan Bendungan, Kecamatan Dongko, Kecamatan Suruh, Kecamatan Kota Trenggalek, Kecamatan Gandusari, Kecamatan Watulimo, Kecamatan Tugu, Kecamatan Durenan dan Kecamatan Kampak.

Potensi Ekonomi

Lantaran sebagian besar tanah kurang memiliki daya serap air, kawasan ini cenderung memiliki tanah kurang subur untuk usaha ekonomi pertanian pangan. Sebagai gantinya, pengolahan tanaman holtikutura dan tanaman perkebunan cocok dikembangkan disini. Beberapa contoh hasil pertanian yang telah dikembangkan antara lain : Singkong, jagung, rambutan, tebu, tembakau, salak, manggis, padi, duku dan lainya.

Selain itu, industri yang bisa dikembangkan di Kabupaten Trenggalek yakni industri pengolahan tapioka, batik, pengeringan ikan, industri bahan bangunan, kecap sirup dan lainya. Daerah ini juga punya potensi tambang emas dan perak.

Wisata

Trenggalek menawarkan destinasi wisata menarik. Diantaranya masih alami seperti pantai, gunung dan lainnya. Berikut ini beberapa tempat wisata yang layak dikunjungi di kawasan ini :

Pantai Pasir Putih : tidak jauh dari pantai perigi, anda bisa mengunjungi kawasan pantai pasir putih. Banyak wisatawan kesini menikmati keindahan pantai dengan pasirnya yang putih dan bersih.

Pantai Prigi : Lokasinya berada di Kecamatan Watulimo, Pantai perigi menjadi salah satu pusat perekonomian warga setempat. Disana terdapat pelabuhan dan tempat pelelangan ikan (TPA) yang biasa dijadikan tujuan wisata. Setiap setahun sekali, diadakan upacara adat larung sembonyo yang unik. Wisatawan manca maupun lokal selalu tertarik menyaksikan upacara adat ini.

Pantai Pelang : pantai ini menawarkan panorama luar biasa, terdapat pulau-pulau kecil indah dan air terjun yang eksotis. Lokasinya berada di Kecamatan Panggul

Gua Lowo : Salah satu gua besar di Asia Tenggara. Panjangnya mencapai 800 meter, terdiri dari beberapa ruang kecil dan sembilan ruang utama. Lokasinya berada di Desa Aatuagung Kecamatan Watulimo.  Dari Kota Trenggalek, berjarak sekitar 30 kilometer.Wisata Budaya dan Sejarah : wisata lain di Trenggalek yakni Candi Bongkah dan anda bisa menyaksikan seni budaya setempat sepertit tarian Khas Trenggalek yakni Tari Turangga Yaksa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *