Potensi kacer mbagong ini cukup besar. Ini terjadi dengan sebab-sebab tertentu. Tentunya, prilaku seperti ini perlu segera ditangani supaya tidak mengalami masalah kedepannya.

Pemeliharaan kacer memang harus lebih intensif. Pemeliharaan yang baik akan mendorong kesehatan kacer yang jauh lebih bagus. Buahnya, kacer mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya di tiap waktunya.

Seperti diketahui bahwa yang dicari oleh penghobi burung ialah kicauannya. Kalau kicauannya tidak bagus, sudah pasti pemeliharanya akan kecewa. Apalagi jika kacernya berprilaku mbagong.

Ciri Dari Kacer Mbagong

Jika Anda termasuk baru dalam memelihara burung, istilah mbagong mungkin belum dipahami dengan benar. Anda mungkin melihat ada prilaku tak wajar saja tanpa mengenali istilahnya. Dan kurang memahaminya membuat Anda tidak melakukan penanganan secepatnya.

Mbagong sendiri dipahami sebagai sebuah prilaku tak wajar dari burung kacer. Prilaku di luar kebiasaan ini terjadi dengan berbagai sebab. Salah satunya ialah jatuhnya mental ketika menemukan lawan yang lebih tangguh.

Mental yang turun ini biasanya ditandai oleh beberapa hal. Pertama ialah kacer nampak ciut nyalinya. Ciut nyalinya ini ditandai dengan mengembangkan bulunya begitu saja. Kemudian, kacer nampak memojok dan tidak mau berkicau sama sekali.

Ciri kedua ialah mendongakkan kepalanya. Prilaku ini nampaknya paling sering ditemukan. Prilaku tersebut jelas kurang baik, terlebih ketika dikaitkan dengan suaranya. Biasanya, suaranya akan terpengaruh semisal lebih mudah lelah.

Ciri ketiga ialah menekuk ekornya ke bawah. Ini juga menjadi tanda bahwa kacer sedang mengalami mbagong. Prilaku ini bisa terus terjadi, membuat tampilannya tidak sedap dipandang.

Ciri keempat ialah kualitas suaranya menurun. Ketika berkicau, kicauannya nampak tersamar. Kalau diikutkan dalam lomba, suaranya akan kalah jauh dari pesaingnya.

unsplash.com

Penyebab Kacer Berprilaku Mbagong

Kacer mbagong memang membuat pemeliharanya sangat kecewa. Meskipun ini termasuk kondisi alamiah, namun penggemarnya tidak ingin mengalaminya sama sekali. Faktanya, ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kondisi tersebut.

Minimal, Anda tahu terlebih dahulu apa saja yang menyebabkannya. Dari penyebab ini, Anda baru bisa melakukan penanganan yang sempurna. Nah, diantara penyebabnya kenapa kacer berprilaku mbagong adalah sebagai berikut ini.

  1. Kesehatannya Terganggu

Kesehatan burung memang harus diprioritaskan. Burung yang sehat tentunya akan menunjukkan kualitas terbaiknya. Sebaliknya bila tidak sehat, apa yang Anda harapkan tidak akan terwujud.

Mengenai kesehatan burung ini ditentukan oleh berbagai hal. Mulai dari pemberian pakan, penjemurannya, sampai kebersihan kandangnya.

  1. Perubahan Voer

Satu hal yang harusnya dicermati pemelihara kacer adalah pakan voer. Voer utamanya diberikan untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan burung. Karena voer sendiri dibuat dari bahan-bahan yang bernilai gizi tinggi.

Namun harus diingat bahwa Kacer biasanya hanya fokus pada satu jenis voer saja. Ketika jenisnya dirubah, kacer nampak merasa asing dengan makanan tersebut. Akibatnya, ada prilaku lesu dan kurang semangat makan yang berujung pada prilakunya yang tak wajar.

  1. Mental Jatuh

Burung bisa dikatakan sangat baik bila menampilkan suara khasnya dengan percaya diri. Ketika kepercayaan dirinya terbangun, kacer akan selalu berkicau setiap waktunya tanpa henti.

Sebaliknya bila mentalnya jatuh, kacer akan berprilaku tidak wajar. Prilakunya ini ditandai dengan ciri-ciri di atas. Misalnya suaranya menurun atau merendah.

Menurunnya kepercayaan diri kacer ini disebabkan oleh kalah saing dengan pesaingnya. Misalnya pesaingnya mampu menunjukkan kebolehan dalam berkicau yang bervariasi dan tegas serta panjang, tapi kacer yang Anda pelihara tidak bisa mengimbanginya. Sudah pasti, kacer akan mbagong.

rgbstock.com

Solusi Menangani Kacer Mbagong

Ketika menemukan kacer mengalami hal ini, ada baiknya segera melakukan penanganan. Penanganannya bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

  1. Mengembalikan Kesehatan Burung

Mengembalikan kesehatannya ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari membersihkan kandangnya, memandikannya dan menjemurnya secara teratur, sampai memberikan makanan utama yang bisa mendukung kesehatan.

  1. Kembalikan Voer Yang Disukainya

Perlu diingat bahwa perubahan voer ini sangat berpengaruh. Manakala ini menjadi penyebab utamanya, ada baiknya Anda segera melakukan pergantian ke voer yang sebelumnya digunakan.

  1. Tempatkan di Kandang Umbaran

Sebagai bagian dari treatment untuk mengembalikan mentalnya, tempatkanlah kacer di kandang umbaran. Penempatannya dimaksudkan agar kacer bisa lebih aktif dan percaya diri.

  1. Pisahkan Dari Kacer Yang Gacor

Mengarantina kacer yang mbagong perlu dilakukan. Caranya dengan memisahkannya sendirian di kandang khusus. Ini bisa dilakukan dengan menutupi sangkar dengan kerodong. Ini bisa dilakukan selama 2-5 bulanan.

Intinya, kembalikan kesehatannya dan mentalnya. Anda hanya perlu memberikan perlakukan khusus baginya. Dengan begitu, kacer mbagong ini akan teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *