Tahukah Anda kadal gurun beradaptasi dengan cara apa? Kadal gurun merupakan jenis kadal yang hidup di daerah gurun atau padang pasir. Tidak berbeda dari hewan-hewan gurun yang lain, kadal gurun juga beradaptasi dengan kehidupan di lingkungan gurun. Di mana mereka telah berkembang untuk mampu mengatasi cuaca panas yang ekstrim serta kekeringan disana agar dapat bertahan hidup.

Seperti yang kita ketahui, sangat sulit untuk menemukan genangan apalagi sumber air di daerah gurun. Belum lagi dengan cuaca yang sangat panas dan pasir yang kering. Untuk itulah, kadal gurun harus beradaptasi untuk mengatasi kondisi ini. Pada waktu siang, kadal gurun akan menggali pasir dengan menggunakan kakinya yang berjumbai untuk membuat lubang. Di dalam lubang inilah, kadal gurun melindungi tubuhnya dari panasnya cuaca, sebab lubang dibawah permukaan ini relatif dingin.

Sementara pada waktu malam, kadal gurun akan keluar dari lubangnya untuk mencari makanan. Selama berada di dalam lubang ini, kadal gurun dapat bernapas dan melihat secara normal tanpa terganggu dengan butir-butir pasir. Sebab kadal gurun memiliki penutup pada lubang hidung dan di mata atasnya yang akan melindungi agar butiran pasir tidak terhirup atau masuk ke dalam mata.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kadal gurun beradaptasi dengan cara bersembunyi di dalam lubang pasir pada waktu siang hari. Namun khusus untuk spesies kadal gurun Thorny devil, mereka juga dapat menyerap air melalui kaki dan punggungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *