merupakan salah satu buah yang tumbuh dan berkembang di lingkungan tropis. Buah ini diyakini berasal dari perbatasan India dan Myanmar. Kemudian menyebar dan dibudidayakan di negara-negara Asia Tenggara dan negara dekat garis khatulistiwa, seperti India, Tiongkok, Thailand, Pakistan, dan tak terkecuali Indonesia.

Di Indonesia, buah yang bernama latin Mangifera Indica ini cukup populer dan banyak yang menyukainya. Sebab, bukan hanya rasanya saja yang enak, melainkan juga kandungan dalam buah ini sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Karenanya, buah mangga juga banyak dijadikan bahan olahan minuman dan makanan. Lantas, apa saja kandungan buah mangga?

Kandungan terbesar yang ada pada buah mangga

Dalam setiap 100 gram buah mangga memiliki kandungan gizi dan nutrisi, seperti Kalori, karbohidrat, air, protein, gula, serat, lemak, vitamin (A, C, D, E, K), Vitamin (B1, B2, B3, B5, B6, B9), Kalsium, Zat besi, Magnesium, Fosfor, Protasium, Sodium, dan Zinc. Di antara sejumlah nutrisi yang terkandung dalam buah mangga, berikut ini 3 kandungan buah mangga yang paling banyak.

  1. Kalium

Kalium berfungsi untuk membantu jantung, saraf dan otot di dalam tubuh agar berkerja dengan baik. Kalium juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan di dalam tubuh. Untuk mendapatkan Kalium yang banyak pada olahan manggau berupa jus, baiknya sajikan jus tanpa tambahan air dan gula.

  1. Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk mencegah bakteri penyebab sakit flu, batuk, dan infeksi lainnya pada tubuh. Kandungan vitamin C juga mampu mendorong sel putih untuk bekerja lebih efisien dalam membasmi kuman dan bakteri. Karenanya, manusia wajib mengkonsumsi vitamin C setiap harinya untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Beta Karoten

Warna jingga dan kuning pada daging buah mangga dapat memasok kandungan beta karoten yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Beta karoten ini dibutuhkan tubuh untuk membuat vitamin A berfungsi maksimal. Sebab, vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *