Durian tembaga adalah salah satu jenis durian yang ada di Indonesia. Meskipun tidak begitu populer seperti durian montong, durian Medan dan durian jenis lainnya, durian ini memiliki karakter yang begitu unik dan juga menarik. Durian ini memiliki daging tebal, tidak lengket bahkan rasanya yang lezat. Durian tembaga pun masih sulit ditemukan di luar Jawa.

Mengenal Seputar Durian Tembaga di Indonesia

Durian sendiri merupakan jenis buah tropis yang memiliki cukup banyak penggemar di seluruh Indonesia. Buah ini bahkan bisa tumbuh subur di Kawasan Asia Tenggara dan termasuk juga tumbuh subur di Indonesia. Buah ini memiliki bau yang tajam dan rasanya yang sangat legit. Dinamakan sebagai durian tembaga karena buah ini memiliki warna kuning pekat seperti tembaga.

Selain memiliki warna daging buahnya yang menarik, jenis durian tembaga ini juga memiliki daya tarik lain di mana memiliki daging yang tebal serta bijinya yang kecil. Bahkan untuk harganya sendiri juga terbilang sangat menggiurkan. Berat dari buah durian tembaga ini sendiri bisa mencapai 2 sampai dengan 3,5 kg.

Pendapat Para Petani Durian Tembaga

Banyak petani durian yang mengatakan apabila buah durian tembaga ini masih sangat terbatas. Bahkan hanya bisa ditemukan di Pulau Jawa saja. Pamor durian jenis ini mulai meningkat pada saat ketersediaan banyak media online maupun offline yang ikut mempromosikan jenis durian ini pada masyarakat luas.

Permintaan pun kian meningkat terutama pada pohon durian jenis tembaga ini sendiri. Para petani durian ini juga mengatakan bahwa harga bibit yang cukup mahal membuat pada saat panen, para petani durian bisa mendapatkan omzet yang tinggi. Sebagian petani mengatakan jika omzet yang mereka peroleh setiap bulannya bisa mencapai 10 juta per bulan.

Ada begitu banyaknya jenis durian yang ada di Indonesia ini seringkali membuat beberapa orang kebingungan untuk membelinya. Hanya saja bagi Anda yang menginginkan untuk mencoba buah durian yang lezat dan juga segar maka Anda bisa mencoba buah durian tembaga.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *