Papua adalah provinsi yang ada di ujung timur Indonesia. Provinsi papua beribukota di Jayapura. Disana terkenal dengan negeri yang kaya. Namun ironis, kekayaan yang di miliki papua seakan bukan kepunyaan dari masyarakat setempat. Kekayaan tersebut di keruk dan menjadi ladang emas berkilau milik orang-orang asing yang di lindungi oleh kebijakan yang tidak bijaksana untuk warga papua.

Papua memang tempat yang indah. Budaya yang ada di provinsi tersebut juga menarik untuk kamu ketahui. Dikutip dari laman web Hidupsimpel.com, pada artikel kali ini kami akan mengulas secara detail mengenai semua kebudayaan yang ada di provinsi Papua. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang kebudayaan papua.

KEBUDAYAAN PULAU PAPUA

Terletak di bagian ujung timur dari Indonesia, pulau Papua menjadi salah satu wilayah yang memiliki keragaman budaya dan kesenian. Tentu kebudayaan dari pulau Papua memiliki karakteristik tersendiri yang membedakan dengan budaya dari daerah lain. Ada berbagai suku yang tersebar di penjuru Papua.

Papua terlahir dari konspirasi dunia. Ketika itu perserikatan bangsa-bangsa belum menentukan apakah papua itu milik Indonesia atau bukan. Sebab, wilayah yang di akui oleh PBB menjadi wilayah Indonesia adalah yang di jajah oleh Belanda. Sedangkan pulau Papua tidak di jajah oleh kompeni Belanda. Namun akhirnya pulau ini menjadi milik Indonesia.

Meskipun kekayaan tanah dari Papua tidak sepenuhnya ada di tangan Indonesia. Dan bahkan, masyarakat Papua sendiri tidak menikmati kekayaan negerinya. Mereka merasa tertindas. Sehingga melakukan perlawanan dengan gerakan Papua Merdeka. Terlepas dari segala macam kontroversi, masyarakat Papua yang hidup dan tinggal di luar papua terkadang mendapat diskriminasi.

Seperti kejadian beberapa bulan yang lalu, mahasiswa papua yang berkuliah di Surabaya mendapat diskriminasi berupa ejekan rasial inlader. Kejadian semacam itu bukan kali pertama. Sudah banyak kejadian serupa yang mendeskreditkan orang Papua. Sudah semestinya segala bentuk deskriminasi tersebut musnah dari bumi Nusantara yang indah ini.

Kembali lagi ke topik utama, pulau Papua memiliki berbagai macam kebudayaan. Berikut ini adalah beberapa kebudayaan yang ada di wilayah Pulau Papua yang kami dapatkan informasinya dari web Hidupsimpel.com.

pexels.com

1. Bahasa Papua

Bisa di bilang di wilayah provinsi Papua tidak ada bahasa daerah yang di tetapkan menjadi bahasa semua lapisan masyarakat di semua kawasan wilayah. Hal ini di sebabkan karena ada banyak sekali bahasa dari setiap suku dan kelompok etnik di semua penjuru papua. Karena banyaknya bahasa daerah tersebut, maka masyarakat papua terkadang kesulitan berkomunikasi dengan masyarakat papua yang ada di wilayah lain.

Alhasil kembali lagi ke bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari oleh masyarakat papua. Secara logat, bahasa indonesia masyarakat papua tentu saja berbeda dengan daerah lain. Walau sudah di tetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi, tapi untuk daerah-daerah pelosokan tertentu terkadang tidak bisa berbahasa Indonesia dan tetap menggunakan bahasa daerah masing-masing.

2. Pakaian Tradisional Papua

Setelah membahas tentang bahasa keseharian masyarakat papua, berikutnya akan kami bahas mengenai pakaian adat dari papua. Antara perempuan dan laki-laki jika di lihat dari tampilan pakaian adatnya hampir tidak jauh berbeda. Pakaian adat dari papua biasanya memiliki motif berupa hiasan-hiasan di beberapa bagian.

Di bagian kepala, terdapat hiasan yang menyerupai burung cendrawasih sebagai satwa khas dari papua. Terdapat pula gelang dan kalung serta ikat pinggang yang terbuat dari manik-manik. Dan ada pula yang berbahan rumbai-rumbai yang melekat pada bagian pergelangan kaki. Namun pada wilayah-wilayah pedalaman papua terkadang hanya menggunakan koteka saja untuk membalut tubuhnya.

pexels.com

3. Rumah Adat Papua

Rumah adat dari papua bernama rumah honai. Rumah honai tersebut terbuat dari bahan berupa kayu dan atap yang mengerucut terbuat dari bahan jerami. Rumah honai ini dibuat dengan bentuk kecil dan dibuat lebih sempit. Pembangunan rumah honai yang dibuat sedemikian memang di sengaja agar bisa menahan dingin dari pegunungan papua.

Rumah honai memiliki ketinggan kurang lebih mencapai 2,5 meter. Pada bagian tengah rumah terdapat ruangan khusus untuk tempat membuat api unggun. Meski bentuk dari rumah ini kecil dan sempit, namun rumah honai mampu digunakan untuk 5 sampai dengan 10 orang. Rumah honai terdiri dari dua lantai. Pada lantai pertama di gunakan untuk tidur dan lantai dua digunakan untuk bersantai dan membuat kerajinan atau kesenian.

4. Tari Tradisional

Ada banyak sekali tari tradisional dari papua. Salah satu tari tradisional tersebut adalah Tari Musyoh. Bisa di bilang Tari Musyoh ini adalah sebuah ritual tari yang sakral dengan tujuan untuk menenangkan arwah dari suku adat yang meninggal karena kecelakaan. Selain itu ada pula Tari Sajojo. Tari Sajojo  ini sudah cukup terkenal dan biasanya dimainkan untuk penyambutan tamu serta untuk acara-acara tertentu. Tari Sajojo masuk dalam tari pergaulan dari masyarakat papua.

Nah itulah ulasan lengkap tentang kebudayaan yang ada di pulau papua. Masih ada kebudayaan lain dari papua yang bisa kamu cari sendiri informasi sedetail mungkin jika dirasa kamu perlu referensi lain. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *