Kabupaten pati merupakan salah satu daerah yang berada di sekitar pantai utara jawa. Sebagai salah satu kawasan yang berada di pantai utara tentu saja suhu udara dari kabupaten pati cukup panas. Mengingat bahwa di seluruh kawasan kabupaten pati ini sebenarnya merupakan dataran rendah. Secara fisik, pati memang terdiri dari banyak dataran rendah. Akan tetapi untuk pembangunan perekonomiannya bisa dikatakan cukup maju. Dikelilingi oleh lautan dan juga sungai yang cukup besar membuat pati memiliki potensi hasil laut dan sungai yang cukup kaya. Pati merupakan kabupaten yang memiliki muara sungai besar yang sangat istimewa. Oleh karenanya, pati terkenal dengan hasil lautnya yang cukup melimpah.

Kabupaten pati memiliki sungai bengawan silungonggo yang pada saat musim hujan tiba keadaan sungai ini akan meluap. Namun demikian tata kelola yang sangat baik membuat sunagi ini tidak akan membawa bencana banjir di pati. Selain itu secara geografis, pati menjadi salah satu daerah transit untuk menuju beberapa kota baik itu di jawa tengah maupun di jawa timur. Oleh karenanya lalu lintas yang ada di pati bisa dikatakan cukup padat merayap. Bukan itu saja, pati dilewati oleh banyak kendaraan umum yang memudahkan penduduk setempat yang ingin bepergian ke beberapa tempat maupun beberapa kota yang ada di sekitarnya.

Sebagai salah satu daerah yang cukup kaya, tidak heran jika perkembangan status perekonomian dari pati bisa dikatakan cukup pesat. Oleh karenanya tidak heran jika pati memiliki beberapa industri besar yang bernaung di dalamnya. Bernaungnya industri besar di pati membuat pati berhasil mengundang banyak investor dan membantu masyarakat sekitarnya untuk bisa memiliki tingkat perekonomian yang jauh lebih baik lagi. Sistem penataan lingkungan yang memadahi juga menjadi salah satu alasan terbaik mengapa pati termasuk ke dalam salah satu wilayah yang cukup maju dengan tata kelola lingkungan yang cukup mapan. Bahkan untuk tata kelola perekonomian yang cukup baik membuat perekonomian dari pati berkembang dengan baik pula.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *