Ketika kalian memiliki uang Rp. 10.00,00 maka kita akan menjumpai gambar rumah adat Palembang panggung kayu berbentuk limas dengan berbagai ciri khas yang dimilikinya. Nah, kalau penasaran dengan bentuk aslinya maka bisa langsung berkunjung ke Palembang. Ketika melihatnya langsung maka akan semakin membuat Anda mencintai negeri sendiri.

 

Keunikan Rumah Adat Palembang

Kenali beberapa keunikan rumah adat Palembang yang semakin mempunyai nilai filosofi cukup tinggi, berikut ini penjelasannya untuk kalian.

 

  1. Berumur 300 Tahun

Ketahuilah keunikan yang pertama dari rumah adat Palembang yaitu umurnya sudah 300 tahun yang disebut dengan rumah Limas di Museum Balaputera Dewa sehingga nilai sejarahnya memang sangatlah tinggi. Meskipun usianya sudah sangat tua tetapi tempatnya masih bersih dan terawat dengan baik hingga sekarang loh.

 

  1. Memiliki 3 fungsi

Perlu diketahui bahwa rumah adat Palembang ini memiliki tiga fungsi yaitu untuk menghindari banjir, menghindari binatang buas, dan digunakan untuk membuat makanan di bawah rumah Limas. Nah, sebagai tipe rumah panggung tersebut pastinya akan memberikan kenyamanan kepada setiap penghuni di dalamya.

 

  1. Memiliki Bagian Rumah Bertingkat

Kemudian di dalam rumah adat Palembang juga terdiri dari 3 tingkat loh. Tetapi, ketahui ya bagian tingkatnya tersebut bukan untuk menandakan suatu kasta karena bentuknya memang bertingkat. Nah, biasanya di bawah digunakan untuk anak muda sedangkan di ruang atas digunakan oleh orangtua.

 

  1. Memiliki Filosofi

Selanjutnya, pahami juga bahwa rumah adat Palembang tersebut mempunyai filosofi yang cukup tinggi. Ketahui bahwa bagian atapnya memiliki bentuk seperti tanduk yang jumlahnya 5 menandakan rukun islam, kemudian yang jumlahnya 6 menandakan rukun iman,.

 

Selain itu, rumah limas juga memiliki bagian teras yang dikelilingi pagar kayu yang disebut tenggalung bermakna filosofis agar menahan anak perempuan agar tidak keluar dari rumah.  Dapat dilihat bahwa semua bagian rumah adat Palembang terbuat dari kayu.

 

Itulah penjelasan mengenai keunikan yang dimiliki oleh rumah adat Palembang yang membuat para pengunjungnya semakin mencintai kebudayaan sendiri, meski berumur ratusan tahun tapi kebersihannya masih terjaga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *