Surat pendek dalam Quran ada banyak sekali, salah satunya adalah surah Al Ashr. Surat yang terdiri dari 3 ayat ini, rupanya kandungannya tak sedikit justru sangat agung. Apalagi di dalam setiap butirnya menjelaskan prinsip kehidupan muslim. Meskipun dalam surat ini telah mengajarkan kehidupan muslim yang berarti, namun bukan berarti tidak membutuhkan surat yang lain. Simak keutamaan surat Al Ashr dalam ulasan berikut.

Keistimewaan Surah Al Ashr Yang Harus Diteladani

  1. Keutaamaan Al Ashr

Imam Syafi’i mengatakan jika saja Allah tidak menurunkan surat lain kepada Makhluknya, tak mengapa sebab surah Al Ashr saja sudah mencukupi mereka. Dari perkataan tersebut kemudian ditafsirkan oleh Syaikh ‘Utsaimin yang memaparkan jika Al Ashr telah cukup untuk manusia. Sebab didalam surat yang hanya berisikan 3 ayat ini memberi dorongan agar berpegang teguh agama milik Allah dengan iman, beramal sholeh, berdakwah di jalan Allah dan bersabar atas semua.

Beliau juga menegaskan jika Imam Syafi’i Rahimahullahu tidak bermaksud manusia hanya membutuhkan surat ini tanpa syariat pendukung lainnya. Dimana setiap muslim yang berakal saat mendengat atau membaca surat 3 ayat ini, pasti akan berusaha untuk keluar dari kerugian. Dengan cara menghiasi hidupnya dengan 4 sifat yang telah disebutkan. Hal ini akan membuat semua manusia terhindar dari kerugian yang disebutkan dalam surat Al Ashr.

Imam Ath Tabrani dalam kitabnya Mu’jam Al Ausath juga menyebutkan jika Ubadillah bin Hisn berkata dahulu para sahabat Rasulullah ketika bertemu, tidak akan berpisah kecuali salah satu dari para sahabat membacakan surah Al Ashr untuk yang lain. Barulah setelah itu mereka mengucapkan salam. Begitu istimewanya surat ini memang harus selalu diingatkan kepada para saudara muslim yang lainnya.

  1. Berisikan Peringatan Yang Sangat Penting

Seperti yang diketahui awalan surat ini Allah SWT bersumpah dengan mengunakan masa artau waktu. Jika ditilik dari ilmu tafsir, lafadz sumpah pada Al Quran bermakna agung untuk sesuatu yang digunakan dalam sumpah. Serta sangat penting hingga menjadi sebab sumpah tersebut seperti dalam surat Al Ashr ini. Sehingga bisa disimpulkan jika waktu adalah hal yang sangat penting. Waktu bagi hamba adalah tempat untuk melakukan aktivitas, salah satunya juga untuk beribadah kepada Sang Pencipta.

Hal inilah yang menjadikan seorang hamba bisa mulia dihadapan Tuhannya jika, mampu menjaga dan memanfaatkan waktu yang dimiliki. Rasulullah bersabda jika tidak akan bergeser kaki seorang hamba pada hari akhir, sampai ditanya tentang 5 perkara yakni umurnya digunakan untuk apa, masa mudanya dihabiskan untuk apa, hartanya didapatkan dari mana dan dibelanjakan untuk apa, serta untuk apa ilmu yang telah diketahui.

Di ayat kedua Allah menjelaskan jika manusia semuanya akan berada dalam kerugian. Kerugian yang akan dihasilkan akan secara mutklak. Baik kerugian di dunia maupun di akhirat bahkan bisa kehilangan nikmat serta terancam masuk neraka. Kerugian juga bisa tidak mutlak hanya sebagian sisi saja. Semua umat akan merugi kecuali mereka yang mengamalkan ayat yang ketiga dalam surat Al Ashr.

  1. Menganjurkan Untuk Beramal Shalih

Amal shalih merupakan amal yang mencakup semua perbuatan baik, entah itu nampak ataupun tidak nampak. Amal baik tersebut juga terkait dengan wajib maupun yang sunah. Amal baik dinyatakan shalih apabila amal mampu dikerjakan dengan ikhlas dan hanya karena Allah. Amal juga harus mengikuti petunjuk yang telah Rasulullah contohkan. Yang mana amal ini akan membawa kebahagian baik di dunia maupun akhirat untuk semua hamba.

  1. Mendasari Hidup Dengan Iman

Iman yang paling benar adalah meyakini di dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan iman dengan perbuatan. Iman memang tidak mampu terlihat dan sifatnya abstrak. Namun seseorang yang beriman tidak akan terjerumus dalam kejelekan dan selalu berusaha untuk menjauhkan diri dari kemaksiatan. Hal inilah yang nantinya akan membawa semua makhluk dalam keselamatan bukan kerugia yang bisa dibaca atau mendengarkan mp3 surat Al Ashr.

  1. Saling Menasehati

Hidup itu saling menilai, kita mungkin akan kesulitan untuk melihat kehidupan kita sendiri. Untuk itulah kita membutuhkan nasihat dari orang yang lebih baik dari kita. Begitupun dengan kita yang juga harus saling mengingatkan saudara kita dalam hal kebaikan. Nasihat yang baik akan membuat saudara muslim untuk tetap menjalankan syariat Allah serta mentaati perintah dan menjauhi larangan – Nya. Tentunya dengan cara nasihat yang baik dan saling menghargai.

  1. Bersabar Di Jalan Allah

Sifat terakhir untuk memetik keistimewaan dari surah Al Ashr adalah terus bersabar apabila akan mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan. Setelah seorang hamba memiliki ilmu dan amal, haruslah memperbaiki diri sendiri dan juga orang yang disekitarnya. Ketika seorang hamba mampu untuk memiliki semua sifat dari surah ini. Maka akan menjadi hamba yang selamat dunia maupun akhirat.

Waktu adalah hal yang sangat penting dan tidak dapat diputar. Sehingga jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik maka tidak bisa mengulangnya. Mempelajari hidup dengan hadist dan AL Quran akan membuat kita selamat. Selain itu menjadi hamba yang tunduk dan patuh karena ancaman yang Allah berikan nyata dan pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *