Bagi Anda yang belum mengetahui klasifikasi buah pir, sudah saatnya jika mengetahuinya bahwa buah ini mempunyai nama latin Pyrus Communis yang berasal dari Genus Pyrus. Jenis buah ini mampu menghasilkan rasa yang segar pada saat dimakan karena memiliki kandungan air yang cukup banyak. Ditambah lagi dengan tekstur manis yang dimilikinya membuat siapapun akan menyukai buah dengan daging yang renyah ini.

Perlu untuk diketahui bahwa untuk buah pir ini berasal pada daerah yang beriklim tropis, yaitu di negara Eropa Barat, Afrika Utara, dan juga Asia. Sementara tanaman buah yang satu ini mempunyai ketinggian yang sedang, namun bisa mencapai hingga 17 meter. Akan tetpi tidak semua spesiesnya memiliki ukuran 17 meter, karena masih ada beberapa buah pir yang mempunyai ukuran lebih pendek namun mempunyai daun yang rimbun.

Berikut ini klasifikasi buah pir:

  • Kindom : Plantae
  • Divisio : Spermatophita
  • Subkindom : Tracheobionta
  • Sub Divisio : Angiospermae
  • Sub Kelas : Rosidae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Rosales
  • Genus : Pyrus
  • Famili : Rosaceae

Selain klasifikasi dari buah pir yang ada di atas, Anda juga perlu mengetahui morfologi dari tanaman buah pir ini, yaitu:

  1. Daun

Untuk daun dari buah pir ini tergolong sangat rimbun dan untuk daunnya ini berselang-seling, ada yang berbentuk lonjong lebar, namun ada juga yang berbentuk membujur panjang yang langsing. Untuk daunnya berwarna hijau mengkilat dan sedikit berbulu, berwarna keperakan. Sementara untuk panjang dari daun ini yaitu kisaran 2 sampai dengan 12 cm.

  1. Bunga

Buah pir mempunyai bunga yang berwarna putih, namun sedikit memiliki corak warna kuning ataupun merah jambu. Sementara buahnya terdiri dari daun mahkota sebanyak 5 dan bunganya mekar setiap bulan April. Untuk bunga buah pir ini mempunyai diameter 2 hingga 4 cm.

  1. Buah

Untuk buah pir ini memiliki bentuk yang beragam, karena ada yang berbentuk bulat ada yang berbentuk langsing dan ada juga yang memiliki bentuk besar pada bagian bawahnya. Sementara di Indonesia kebanyakan buah pir mempunyai bentuk lonjong pada bagian bawah. Sedangkan untuk rasanya memiliki manis yang berpadu sedikit asam namun tetap memiliki air yang cukup banyak.

Berbagai jenis buah pir ini memang perlu dilakukan karena mengingat bahwa buah pir juga tidak hanya terdiri pada satu atau dua jenis saja, melainkan ada banyak sekali macamnya. Sebab itu dengan informasi yang ada di atas bisa menambah wawasan Anda seputar buah pir yang ada di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *