Kolam renang yang selalu bersih dan jernih pasti menjadi keinginan setiap orang yang memilikinya, entah kolam renang pribadi maupun komersil. Kolam renang memang harus dalam keadaan bersih dan jernih agar membuat nyaman orang yang berenang di dalamnya.

Selain itu kolam renang yang tidak terawat dengan baik akan menyebabkan hal-hal yang buruk. Misalnya saja kolam akan kotor, keruh, berlumut, banyak kuman dan lain sebagainya. Jadi Anda bisa lakukan tips di bawah ini untuk membuat kolam renang selalu bersih dan jernih.

Tips Rawat Kolam Renang Selalu Bersih dan Jernih

pexels.com

Perhatikan Kondisi Air

Tips merawat kolam renang agar selalu bersih dan jernih yang pertama adalah dengan selalu memperhatikan kondisi air. Air kolam renang harus dirawat secara teratur untuk memastikan kadar air tetap seimbang.

Kadar air atau pH air memang harus seimbang karena jika tidak maka bisa membuat mata dan kulit iritasi. Agar pH air tetap seimbang maka bisa menggunakan bahan kimia yang bisa membuat air tetap jernih dan bersih.

Bahan kimia yang biasa digunakan untuk membuat air kolam jernih dan bersih misalnya saja klorin. Bahan kimia ini bisa mengikat kotoran sehingga kolam renang tetap bersih.

Agar hasil maksimal, waktu memasukkan klorin ke dalam kolam renang tidak boleh asal-asalan. Jadi waktu yang pas untuk memasukkan klorin ke dalam kolam renang adalah pada waktu sore atau malam. Karena pada siang hari, cahaya matahari bisa menurunkan kadar klorin sehingga hilang efeknya.

Selain klorin, bahan kimia yang bisa digunakan untuk membuat air kolam tetep jernih dan bersih adalah cyanuric acid. Cyanuric acid berfungsi membuat pH air seimbang sehingga klorin bisa bekerja maksimal menjernihkan air.

Kadar air atau pH air kolam renang yang direkomendasikan adalah di antara 7,2 hingga 7,8. Di luar itu berarti air terlalu berbahaya untuk dimasuki karena akan membuat mata dan kulit iritasi.

Oya, untuk meminimalisir munculnya lumut, maka bisa menggunakan bahan kimia yaitu Algaecide. Algaecide dapat membantu mencegah timbulnya lumut dalam dasar maupun dinding kolam renang.

Pel Lantai Sekitar Kolam

Tips menjaga kolam renang tetap jenrih dan bersih berikutnya adalah dengan rutin mengepel lantai di sekitar kolam renang. Maksudnya adalah lantai di sekeliling kolam renang atau tepiannya yang biasa digunakan untuk duduk dan istirahat setelah berenang.

Mengepel lantai sekitar kolam renang dapat membantu menghilangkan lumut yang tumbuh di sana. Ini penting karena lumut yang tidak dibersihkan akan membuat lantai tersebut licin sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. Agar maksimal, Anda bisa menggunakan produk pembersih yang ampuh menghilangkan kerak.

Bersihkan Air dari Daun

Menanam pohon sekitar kolam renang memang bagus, karena kolam renang akan terlihat teduh dan asri. Namun perlu diingat soal daun dan tangkai berguguran yang berpotensi mengotori kolam renang.

Untuk membersihkan daun dan rantai tersebut bisa menggunakan jaring halus dengan pegangan yang panjang. Karena kalau dibiarkan saja, daun dan tangkai tersebut bisa memicu pertumbuhan bakteri yang bisa membahayakan perenang.

Gunakan Penyaring Air

Menggunakan penyaring air juga bisa membuat kolam renang selalu bersih dan jernih. Penyaring air memang wajib dimiliki oleh setiap kolam renang, apalagi kolam renang umum. Karena dengan penyaring ini, setiap kotoran yang berada pada dasar kolam renang bisa dihisap sehingga air kolam tetap bersih dan jernih.

Bersihkan Kolam Renang secara Menyeluruh

Cara ini memang tidak bisa dilakukan setiap hari, namun jika kolam renang benar-benar kotor, maka bisa membersihkan kolam renang secara menyeluruh. Setelah air kolam dikuras, maka pembersihan secara total bisa dilakukan.

Pertama bisa dengan menggosok dinding kolam dengan sikat sehingga tidak ada lumut atau kotoran air. Kemudian selanjutnya disikat bagian dasar kolam renang agar kotoran membandel bisa dilenyapkan.

Chemical untuk Kolam Renang Tetap Jernih dan Bersih

pexels.com

Granular

Granular bisa digunakan untuk memaksimalkan peran klorin dalam mengikat kotoran. Jadi ketika kadar klorin dalam posisi ideal, maka bisa menambahkan granular sebanyak ¾ kilo. Ini untuk membantu agar klorin tetap dalam posisi ideal.

Soda Ash

Untuk menghilangkan bau anyir dalam kolam renang maka bisa memasukkan soda ash. Takarannya adalah ¾ kilo dalam ukuran kolam renang yang normal. Dijamin bau anyir akan lenyap dan aktivitas renang akan semakin menyenangkan.

Demikianlah tips merawat kolam renang agar selalu bersih dan jernih. Kebersihan dan kerjernihan air kolam renang begitu penting karena akan membuat nyaman siapapun yang berenang di dalamnya. Tambahan penting untuk kaum muslim yang ingin tetap syar’i kala berenang, kini Anda bisa dapatkan baju renang muslim teristimewa untuk Anda andalkan. Happy swimming

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *