Apakah Anda penggemar sop iga? Harganya yang cukup tinggi di restoran tentunya menimbulkan ide untuk memasak sendiri sop iga di rumah. Nah, tahukah Anda sop iga yang enak kuncinya terletak pada kuahnya yang gurih. Ada jenis sop iga berkuah bening dan adapula yang berkuah keruh. Kedua ini tentunya dibuat dengan teknik yang berbeda. Lalu apa saja kunci rahasia membuat sop iga sapi terenak ala rumahan?

Daging Pilihan

Anda dapat dengan mudah membeli iga sapi di supermarket atau pasar tradisional. Di supermarket biasanya iga sapi telah dikemas dan dipotong proporsional. Jika Anda membeli iga sapi di pasar tradisional, Anda akan menjumpai iga yang masih utuh dan belum dipotong. Pilihlah iga sapi yang masih tersisa lapisan daging yang tebal. Lalu minta juga tukang daging untuk memotong iga menjadi potongan kecil-kecil.

Perebusan

Proses pertama pengolahan iga adalah mencuci. Cuci bersih iga dengan air dingin agar kotoran larut terbawa air. Cucilah hingga tidak tersisa darah dan kotoran yang menempel pada iga. Lalu, siapkan panci berisi air untuk merebus iga. Jika rebusan pertama telah mendidih, angkat dan buang air rebusan tersebut. Rebus kembali iga dengan air panas. Gunakan api kecil untuk memasak rebusan kedua ini. Masaklah hingga mendidih atau daging iga telah empuk. Air rebusan kedua ini juga dapat dijadikan kaldu sapi.

Bumbu dan Sayur

Kunci utama memasak sop iga yang lezat adalah kuahnya yang terbuat dari racikan bumbu yang tepat. Untuk mendapatkan sop yang gurih, tumislah bumbu sop dengan margarin. Bumbu tersebut terdiri dari bawang bombay, bawang merah, merica, pala bubuk, dan garam. Khusus bawang merah dan bawang bombay, Anda lebih baik mencincangnya kasar daripada menggunakan blender. Air rebusan iga berupa kaldu jangan dibuang. Gunakan sebagai kuah gurih sop Iga. Untuk sayuran pilihlah sayuran yang tepat untuk sop iga seperti kentang, wortel, buncis, tomat, dan brokoli. Taburkan daun bawang untuk menambah cita rasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *