Pembuatan laporan penjualan akan berdampak pada produktifitas sebuah usaha. Produktifitas ini dicirikan dengan semakin tanggapnya karyawan atau pemilik usaha dalam menghadapi segala macam situasi. Makanya, penting bagi pelaku usaha untuk membuatnya.

Pencatatan ini akan selalu dilakukan tiap harinya. Tentunya, ada elemen-elemen dasar yang menjadi acuannya. Baru kemudian elemen terbawahnya diringkas dalam bentuk laporan bulanan atau tahunan.

Pencatatan ini akan memperlihatkan seluruh aktivitas dalam bisnis. Dan tiap tahunnya akan mengalami siklus yang sama. Hanya saja, pelaku usaha akan mengambil kebijakan berbeda terkait data yang tersaji.

Misalnya jika mengalami kerugian, pelakunya akan melihat faktor apa saja yang menyebabkannya. Sebaliknya jika mendapati keuntungan, pelakunya bisa membuat rencana maju untuk menambah permodalan dan lain sebagainya.

pxhere.com

Pengaruh Laporan Penjualan Dengan Produktifitas Usaha

Laporan ini biasanya akan dibuat seluruhnya di akhir bulan atau tahun. Ringkasannya akan tertulis dalam buku besar. Dan ini sudah mencakup seluruh transaksi ataupun aktivitas yang dijalankan dalam lingkup usaha tersebut.

Sebagai pemegang jabatan ini, penting untuk melakukan pencatatan dengan teliti. Keakuratan data sangatlah dibutuhkan. Malahan, wajib hukumnya untuk membuat laporannya dengan hasil yang tepat. Pasalnya, laporan yang disajikan ini akan berpengaruh pada produktivitas usaha itu sendiri.

Alasannya, kelemahan sistem di dalam bisnis ini akan membuat orang yang berada di dalamnya lebih tanggap. Kelemahan ini nantinya akan dicarikan sebuah solusi. Solusi tersebut yang akan menjadi acuan dalam beberapa bulan kedepan.

Kelemahan ini bisa berupa minimnya pendapatan. Minimnya pendapatan bisa jadi disebabkan oleh pemasangan harga jual yang terlalu kecil. Atau, bisa saja disebabkan oleh metode penjualan yang membuat produk sulit untuk dijangkau oleh konsumen.

Dari data yang tersaji, pelaku bisnis bisa mengambil sebuah keputusan. Keputusan inilah yang nantinya akan mendorong pada kemajuan bisnis. Seluruh pihak yang terlibat di dalamnya diajak untuk meningkatkan penjualan sehingga bisnis terus berkembang dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Untuk mengetahui laporan demikian, dibutuhkan orang yang kompeten dalam membuat laporan tersebut. Seorang akuntan biasanya akan dipekerjakan. Dan untuk mempercepat proses pencatatan, aplikasi penjualan sebaiknya disediakan.

Kenapa? Aplikasi ini akan membantu seorang akuntan dalam mempersingkat waktu pengerjaan laporan. Hal ini dikarenakan aplikasi ini sudah mendukung format penjualan barang yang dibuat semirip mungkin dengan laporan-laporan keuangan dalam usaha itu sendiri.

pxhere.com

Beberapa Hal Yang Disajikan Dalam Laporan Penjualan

Banyak sekali elemen yang perlu dicatat dalam sebuah laporan penjualan. Kami bagikan beberapa hal yang harusnya dibuat dalam bentuk pembukuan sederhana seperti berikut ini.

  1. Daftar Penjualan

Daftar ini menyajikan data tentang seluruh transaksi yang selama ini dilakukan. Ini meliputi faktur, penawaran, pemesanan sekaligus pembayaran di tanggal tertentu. Jadinya, Anda akan memahami kronologis penjualan yang lebih terperinci di hari-hari tertentu.

  1. Penjualan Per Produk

Sebagai pebisnis, kadang Anda tidak hanya menjual satu buah produk saja. Melainkan ada banyak sekali produk yang ingin diperjual belikan. Karena semakin banyak produk, semakin banyak kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk mengakomodirnya, dibutuhkan pemisahan laporan tentang jenis produk itu sendiri. Dan ini harusnya dicatat untuk mempermudah pemahaman tentang jumlah barang yang terjual ataupun yang masih tersedia dalam kurun waktu tertentu.

Dengan kata lain, laporan ini menunjukkan kemajuan dari penjualan produk itu sendiri. Data yang disajikan bisa berupa nama produk, berat produk, harga, serta jumlah pengembalian barang dari pelanggan.

  1. Piutang

Dalam bisnis dagang, sistem kredit sudah menjadi layanan yang sangat bagus. Pelanggan juga menyukai lantaran bisa mendapatkan barang mahal dengan biaya seadanya terlebih dahulu.

Dengan sistem cicil selama beberapa bulan, produk ini bisa terjual sesuai target. Masalahnya, pelaku bisnis perlu melakukan pencatatan dengan baik. Jika tidak, resiko kehilangan barang atau pendapatan sangatlah besar.

Untungnya Anda sudah membuat laporan piutang. Laporan ini menjelaskan seluruh tagihan yang belum dibayar oleh pelanggan. Ini bisa berupa tanggal jatuh tempo, nilai barang sampai sisa pembayaran.

pxhere.com
  1. Penjualan Per Pelanggan

Ini menjadi laporan terperinci dari aktivitas jual beli. Yakni setiap transaksi dikelompokkan per pelanggan. Ini meliputi nama pelanggan, jenis produk yang dibeli, jumlah barang dan nominal biaya yang dibayarkan.

Laporan seperti ini memungkinkan pelaku bisnis untuk memahami prilaku pelanggan saat melakukan pembelian. Dan dari sini, pelaku bisnis juga akan mengetahui jenis produk yang paling laris di bisnisnya.

Dari data-data yang tersaji, tentunya pelaku bisnis bisa memahami produk mana yang laris ataupun yang tidak. Dengan bekalan data ini, pebisnis bisa membuat sebuah keputusan tepat untuk meningkatkan penjualan. Jadi, kebayang betapa pentingnya laporan penjualan dalam dunia bisnis bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *