Bumi merupakan planet yang permukaannya terdiri dari daratan dan lautan. Daratan merupakan tempat bagi manusia dan berbagai makhluk darat lainnya. Lautan  merupakan bagian dari permukaan bumi yang terdiri dari perairan. Di lautan juga menyimpan beragam hayati yang sangat unik apabila diteliti. Lautan merupakan bagian perairan yang juga memiliki dasar. Setiap wilayah dengan kedalaman antara permukaan laut dengan dasar laut yang berbeda-beda.

Fakta Tentang Laut Terdalam di Dunia

Sekitar 70% dari bagian bumi adalah lautan dengan kedalaman yang sangat bervariasi. Bahkan beberapa laut di dunia mencapai kedalaman yang sangat dalam sehingga sangat sulit untuk ditembus manusia. Sebab semakin dalam sebuah lautan maka akan semakin tinggi pula tekanan airnya. Dan semakin dalam lautan tentu akan semakin berbahaya bagi manusia. Sebab di laut yang sangat dalam biasanya terdapat berbagai hewan-hewan laut yang sangat berbahaya. Selain itu manusia kondisi yang ada di dalam laut juga menyulitkan manusia untuk bertahan hidup di dalamnya.

Berikut Beberapa Laut Terdalam di Dunia

Setiap lautan di berbagai wilayah tentunya memiliki tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Dan semakin dalam sebuah lautan biasanya menyimpan berbagai kekayaan alam yang sangat luar biasa. Nah berikut beberapa laut terdalam yang ada di dunia:

  1. Samudra pasifik

Samudra yang mengelilingi negara Indonesia ini merupakan laut terdalam di dunia dengan kedalaman rata-rata mencapai 3.939 meter dengan luas yang mencapai 169,2 juta kilometer persegi. Di dalam samudera pasifik terdapat palung yang sangat dalam yakni palung Miriana yang memiliki kedalaman 10.911 meter. Selain itu samudera pasifik juga menyimpan banyak gunung terbanyak di dunia.

  1. Samuder Hindia

Samudera Hindia juga menjadi samudera yang mengelilingi wilayah Indoneisa. Samudera ini menempati peringkat kedua sebagai laut terdalam di dunia dengan kedalaman 3,840 meter dengan volume air ekitar 292.131.000 kilometer kubik. Samudera Hindia ini merupaka samudera yang paling hangat di dunia yang memiliki kelebihan dengan jumlah spesies lait yang sangat banyak.

  1. Samudera Atlantik

Ketika yaitu samudera atlantik yang memiliki kedalaman 3.575 meter yang mana titik terdalamnya terdapat pada daerah Puerto Rico Trench dengan kedalaman 8.605 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *