Belut, biasanya hidup di persawahan. Tubuh belut yang berlendir membuat hewan ini sangat sulit untuk ditangkap menggunakan tangan, hewan ini menggunakan lendirnya selain untuk bisa mudah menyusup ke dalam tanah juga bisadigunakan sebagai alat pertahanan dari binatang lain. Memiliki fisik hampir mirip dengan ular namun tidak memiliki sisik ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Manfaat dari Mengkonsumsi Belut

Beberapa manfaat yang didapat dari kita mengkonsumsi belut antara lain

1. Sumber protein tinggi yang murah

Tubuh belut memiliki banyak sekali protein hewani yang sangat penting bagi tubuh, belut bisa memenuhi kebutuhan harian protein tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Selain itu bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga bayi tetap mendapatkan asupan protein yang lengkap.

2. Kandungan kalori setara nasi

Apabila anda setelah melakukan aktivitas berat dan sangat lapar dan lelang karena kekurangan tenaga, memakan belut bisa memulihkan tenaga anda, karena kalori yang terdapat dalam belut setara dengan karbohidrat yang terdapat dalam sepiring nasi.

3. Mengurangi bahaya osteoporosis

Adanya kandungan fosfor yang bermanfaat bagi tulang tubuh dan gigi, membuat belut bisa menjadi salah satu hewan yang dianjurkan untuk menghindari tulang keropos atau osteoporosis.

4. Kaya akan kandungan vitamin

Didalan sebuah belut terdapat berbagai macam vitamin, diantaranya vitamin A dan vitamin B. vitamin A berguna bagi kesehatan mata dan pembentukan sel reproduksi. Vitamin B berguna untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan otak.

5. Penghambat sel kanker

Kandungan dalam belut yang berupa zat arginin ternyata bisa mencegah berkembangnya sel kanker, terutama pertumbuhan sel kanker payudara. Selain itu arginin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyempitan pembuluh darah

 

Itulah beberapa dari manfaat belut yang bisa kita ketahui. Harga dari belut yang sangat murah dan mudah didapatkan bisa menjadi solusi untuk mendapatkan makanan yang bernutrisi dengan murah. Apalagi bagi yang ingin beternak belut bisa menjadi komoditas ekspor yang menguntungkan, karena diberbagai negara seperti jepang harga belut sangatlah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *