Bagi orang Indonesia, seledri sudah sangat dikenal sebagai salah satu bumbu masakan atau pelengkap makanan. Ternyata, selain membuat aroma masakan menjadi lebih sedap, daun seledri juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Daun Seledri

Sebelum membahas manfaatnya, perlu kita ketahui lebih dahulu zat-zat gizi yang terdapat di dalam daun seledri. Selain air, daun ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin A, B1, dan C, serta mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, besi, dan fosfor.

Di samping itu, tanaman yang bernama latin Apium gravioles ini juga mengandung banyak senyawa kimia yang berguna untuk kesehatan, seperti asam folat, flavonoid, saponin, minyak atsiri, dan tanin.

Manfaat Mengonsumsi Daun Seledri

Dengan kandungan zat-zat di atas, daun seledri memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Selain dimakan mentah, seledri bisa diolah menjadi jus, dijadikan campuran sup atau salad, dan ditumis.

Adapun manfaat mengonsumsi daun bergerigi ini di antaranya adalah untuk mengobati peradangan, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, memperbaiki pencernaan, dan mencegah kerusakan hati.

Meski banyak khasiatnya, tidak semua orang boleh mengonsumsi seledri, apalagi secara berlebihan. Konsumsi daun seledri dapat mengakibatkan kontraksi rahim pada ibu hamil, peradangan pada penderita gangguan ginjal, dan reaksi alergi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *