Masjid minimalis dapat dibuat dengan mudah jika Anda mengetahui caranya dan memilih desain yang tepat. Masjid merupakan tempat ibadah umat islam yang banyak ditemui di Indonesia. Bentuk masjid ini sangatlah beragam, mulai dari yang ukurannya besar dengan desain sederhana, ada juga yang didesain sangat mewah. Keduanya pada dasarnya bertujuan untuk tempat sholat kaum muslim.

Jika berbicara mengenai masjid umumnya yang ukurannya besar, tentu sudah sangat biasa. Tetapi, ketika Anda mendengar bahwa ada masjid yang ukurannya minimalis, pasti akan tergelitik untuk melihatnya. Nah, bagi Anda yang merencanakan pembangunan masjid, buatlah karya yang berbeda dari lainnya. Beberapa inspirasi desain di bawah ini bisa Anda pilih.

Inspirasi Desain Masjid Minimalis

pixabay.com

Masjid Al Irsyad, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Salah satu inspirasi desain masjid minimalis pertama adalah Masjid Al Irsyad. Sebagian dari Anda tentu sudah tahu bahwa masjid ini memiliki desain yang minimalis namun tetap tampak elegan. Masjid ini ternyata dibangun pada tahun sekitar 2009 hingga 2010 an. Arsitek dari masjid ini adalah Ridwan Kamil yang sekarang sedang menjabat sebagai walikota Bandung.

Masjid ini sudah memperoleh beberapa penghargaan. Jika Anda penasaran dengan penghargaannya, Anda bisa mengunjungi wikipedia. Letak dari masjid ini adalah di kawasan Padalarang, Bandung Barat. Luasnya sekitar 1.871 meter persegi dengan paduan warna netral yaitu hitam, putih serta abu-abu. Warna-warna tersebut mungkin tampak sederhana namun sangat kekinian jika dipandang.

Untuk bentuknya, masjid ini terinspirasi dari bangunan Kabah yang memiliki bentuk kotak. Pada dindingnya Ridwan menggunakan batu untuk menambah rasa artistik pada bangunan ini. Wah sepertinya sangat menarik untuk dicoba.

Masjid Penzberg, Jerman

Jika tadi membahas mengenai inspirasi desain dari negara Indonesia, sekarang fokus ke negara lain yang juga memiliki ciri khas tersendiri untuk bangunan masjid minimalisnya seperti Masjid Penzberg di Jerman. Sesuai dengan namanya, masjid ini terletak di kawasan Penzberg.

Masjid ini telah memperoleh penghargaan Wessobrunner Architekturpreis yaitu sebagai bangunan arsitektur terbaik yang ada di negara Bayem. Menariknya, gaya arsitekturnya tidak seperti gaya masjid lainnya di Jerman yang terinspirasi oleh bangunan masjid Turki. Ini berbeda dengan masjid Penzberg yang membuat desain sendiri yang lebih catchy.

Desain yang diusungnya adalah desain minimalis modern. Material yang mendominasi adalah batu alam dinding yang berwarna pasir pantai. Pada bangunannya, terdapat menara setinggi 13 meter yang disusun dari tiga buah kubus terbuat dari baja yang antikarat. Untuk material pintu terbuat dari metal polos, bukan kayu berukir. Bagian teruniknya terdapat jendela dengan lighting kaligrafi.

Masjid Chandgaon, Chittagong, Bangladesh

Masjid Chandgaon adalah masjid minimalis yang memiliki desain yang sangat modern. Ini dibuktikan dengan adanya bentuk geometris yang didominasi dengan warna putih bersih. Tentu, bentuk dan warna tersebut menunjukkan gaya-gaya yang kekinian sekali. Jika dilihat dari konsepnya, masjid ini mempunyai konsep yang simple, tetapi desain dengan paduan marmer membuatnya tampak elegan.

Masjid ini biasa digunakan untuk ibadah sholat fardhu maupun shalat Jumat. Suasananya yang menenangkan dapat Anda rasakan ketika pertama kali tiba di muka masjid. Tentu, jika desain ini Anda aplikasikan untuk masjid yang akan Anda bangun, pengunjung akan memperoleh pengalaman yang berbeda.

Tips Membangun Masjid Minimalis

pixabay.com

Gunakan Warna Dan Material Kekinian

Warna dan material kekinian akan sangat mendukung tampilan dari masjid ini. Umumnya, warna yang digunakan untuk warna modern adalah warna netral yaitu putih, hitam, dan abu-abu. Untuk materialnya, Anda dapat menggunakan batu-batu alam seperti marmer untuk memperindah masjid.

Eksplor Berbagai Desain Masjid di Dunia

Sebelum membangun masjid, sebaiknya Anda explore desain arsitektur yang dimiliki oleh berbagai negara atau wilayah di Indonesia, mulai dari di Turkey, hingga Banten maupun Jakarta.

Semua arsitektur tentu memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Nah, berkenaan untuk desain mana yang Anda harus pilih tergantung pada selera dan bujet yang Anda miliki untuk membangun masjid. Perlu dipahami, agar pembangunan berjalan dengan lancar dan dapat menghasilkan bangunan yang sesuai harapan. Anda perlu meminta para arsitek yang sudah profesional.

Demikian tadi merupakan ulasan mengenai inspirasi desain masjid minimalis yang dapat Anda pilih. Masjid yang minimalis tentu akan tampak indah dan unik jika desain dalam pembuatannya diperhatikan. Nah, agar masjid semakin nyaman, maka pastikan untuk memilih perlengkapan yang berkualitas salah satunya karpet.

Agar mendapatkan karpet yang nyaman maka sebaiknya untuk membelinya di toko karpet masjid terpercaya. Dengan menggunakan karpet yang nyaman dan berkualitas, orang yang beribadah di dalamnya pun akan menjadi lebih khusuk saat beribadah. Semoga informasi di atas membantu!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *